Wednesday, April 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Lima Kasus Hoaks Terheboh Di Indonesia

Lima Kasus Hoaks Terheboh Di Indonesia

Masih berhubungan dengan pencipta hoaks terbaik saat ini, Ratna Sarumpaet, kami akan mencoba kembali membahas siapa saja yang pernah melakukan aksi serupa dengan Aktivis HAM itu. Sebagai tokoh publik tentunya segala tindak tanduk orang-orang ini akan menjadi sesuatu yang selalu diperhatikan oleh khalayak ramai. Beberapa dari mereka ada yang sengaja mencari sensasi untuk meningkatkan popularitas namun ada pula yang melakukan kebohongan publik untuk kabur dari suatu masalah atau memojokkan salah satu pihak.

Yang pertama tentu ada sang pencipta hoaks terbaik, Ratna Sarumpaet yang mampu menipu Prabowo, Amien Rais, Fadli Zon dan masih banyak lagi elite politik yang lainnya. Berita ini bermula saat BPN Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa aktivis HAM tersebut telah dianiaya dalam mobil saat menuju Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Hal itu langsung direspon oleh para rekan-rekannya dalam elite politik. Namun setelah diselidiki Kepolisian ternyata Ratna telah memberikan berita hoaks dan Ratna juga telah mengakuinya.

Yang kedua ada Setya Novanto yang menjadi tersangka kasus korupsi e-KTP. Setya Novanto diketahui memberikan keterangan palsu mengenai kondisinya setelah mengaku kecelakaan di daerah permata hijau. Dari foto-foto yang tersebar diketahui bahwa keterangan mengenai kondisi Setya Novanto setelah kecelakaan itu adalah bohong karena banyak keganjilan di foto itu dari mulai benjolan sebesar bakpao sampai jarum infus anak-anak yang digunakan oleh mantan ketua DPR. Kini Setya Novanto telah dijatuhi hukuman 15 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Jakarta.

Yang ketiga ada rapper kontroversial yaitu Young Lex yang mengaku telah dianiaya oleh fans garis keras K-POP saat akan menghadiri acara meet and greet Blackpink. Namun setelah dikonfirmasi ke tempat kejadian ternyata tidak ada kerusuhan yang terjadi dan Young Lex pun mengaku sedang melakukan sosial eksperimen terhadap foto bonyoknya itu.

Yang keempat ada Dwi Hartanto yang mengaku terlibat dalam penelitian teknologi roket militer ke luar angkasa dan telah menjuarai riset teknologi antar Space Agency seluruh dunia di Cologne, Jerman. Namun setelah diselidiki ternyata ia hanyalah seorang mahasiswa Doktornya di TU Delft.

Yang kelima ada Bella Sophie yang melakukan settingan dengan Adjie Pangestu terkait masalah pernikahan keduanya. Adjie yang sudah tidak tahan dengan semua kebohongan Bella Sophie akhirnya mengakui kebohongan ini dan mengatakan ini semua dilakukan untuk meningkatkan popularitas Bella Sophie.

RelatedPost