Monday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Lima Bahan Alami Ini Sangat Baik Untuk Kecantikan Kulit Wanita

Lima Bahan Alami Ini Sangat Baik Untuk Kecantikan Kulit Wanita

Produk perawatan kulit atau skin care yang mengandung bahan-bahan alami kian digemari oleh para beauty enthusiast. Selain mudah diperoleh, kandungan bahan alami pada skin care juga aman dan memberi manfaat yang maksimal bagi kulit.

Oleh karena itu, jangan heran jika semakin banyak produk perawatan kecantikan yang berlomba-lomba membuat produk dengan kandungan yang didapat dari alam. Kira-kira apa saja ya bahan alami tersebut? Melansir Harper’s Bazaar, berikut lima bahan kecantikan alami terbaik yang membawa banyak manfaat bagi kecantikan kulit.

  1. Minyak argan, perawatan multifungsi untuk kecantikan

Tahukah Anda minyak yang kerap digunakan untuk produk kecantikan ini berasal dari pohon argan yang hanya tumbuh di Maroko, Afrika? Dikenal sebagai minyak multifungsi yang dapat merawat kecantikan, minyak argan mengandung berbagai susunan molekul unik yang terdiri dari asam lemak omega, vitamin A dan E hingga asam linoleat. Molekuk ini dapat melembabkan dan melembutkan kulit, memberantas jerawat, hingga merawat kilau rambut serta kuku.

Sifatnya yang non-komedogenik pun membuat minyak argan aman untuk semua jenis kulit. Teksturnya yang ringan juga membuatnya dengan mudah diserap kulit. Untuk perawatan kecantikan sehari-hari coba saja tambahkan beberapa tetes minyak argan ke pelembab Anda.

  1. Madu untuk mencerahkan kulit

Selain dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, madu juga merupakan salah satu pencerah kulit alami terbaik. Bahkan, madu menjadi salah satu rahasia perawatan kecantikan Ratu Mesir, Cleopatra selain susu murni.

Penggunaan madu sebagai perawatan kecantikan dapat meningkatkan sejumlah kandungan nutrisi, enzim dan vitamin pada kulit. Selain itu, sifat antimikroba yang terkandung dalam madu juga dapat mempercepat penyembuhan kulit yang luka.

  1. Tea tree oil untuk memberantas jerawat

Selama berabad-abad lalu, tea tree oil sudah dikenal ampuh untuk mengatasi jerawat, kemerahan, dan peradangan pada kulit. Hal ini disebabkan tea tree oil bersifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antimikroba yang menjadikannya menjadi salah satu essential oil yang paling populer. Tak heran tea tree oil kerap menjadi minyak yang lebih ringan di kulit untuk menggantikan benzoil peroksida dalam mengatasi jerawat.

  1. Minyak kemenyan untuk anti-aging

Jika Anda bergantung pada retinol untuk meredam gejala penuaan dini, nampaknya Anda perlu mengintip khasiat dari minyak kemenyan yang serupa. Telah digunakan sejak zaman Mesir kuno, minyak kemenyan dikenal ampuh dapat mengencangkan kulit. Selain itu dengan cepat juga dapat meningkatkan pergantian sel pada kulit, meminimalkan tanda-tanda keriput, bekas luka pada kulit, dan bertindak sebagai desinfektan.

Tertarik mencobanya? Coba saja campurkan beberapa tetes minyak esensial ini ke pelembab Anda dan rasakan manfaatnya.

  1. Yoghurt untuk menghidrasi kulit dan eksfoliasi

Tak hanya lezat disantap sebagai sarapan atau campuran bahan makanan, yoghurt juga membawa manfaat untuk kecantikan kulit Anda. Kandungan asam laktat yang menjadi sumber AHA (Alpha Hydroxy Acids) alami yang sempurna hingga Asam Alfa Hidroksil yang ada dalam yoghurt dapat mengusir sel kulit mati.

Oleh karena itu, yoghurt bagus untuk menghidrasi kulit dan mengeksfoliasi kulit dengan lembut, juga dapat mengurangi hiperpigmentasi dan garis-garis halus pada wajah, dan menyeimbangkan pH kulit sehingga aman digunakan untuk Anda dengan tipe kulit sensitif.