Friday, July 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Lihat Ciutnya Pemuda Yang Mau Penggal Jokowi Saat Ditangkap Polisi

Lihat Ciutnya Pemuda Yang Mau Penggal Jokowi Saat Ditangkap Polisi

Seorang pemuda yang mengeluarkan ancaman akan memenggal kepala Presiden Jokowi saat demo di depan gedung Bawaslu beberapa waktu lalu akhirnya ditangkap polisi, Minggu (12/5/2019) tadi pagi. Pemuda bernama Hermawan Susanto itu ditangkap polisi di Perumahan Metro, Parung, Kabupaten Bogor sekitar pukul 08.00 WIB.

Kadiv Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pemuda itu masih menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. “Tadi pagi sudah ditangkap petugas dari Subdit Jatanras Ditreskrimum dan sampai sekarang masih kami periksa,” tuturnya, Minggu (12/5/2019).

Hermawan yang berusia 25 tahun itu sempat menghebohkan dan aksinya yang terekam video viral akhir pekan lalu. Menurut Argo, pemuda itu melakukan pengancaman pembunuhan terhadap Presiden RI dengan mengucapkan kata-kata ‘Dari Poso nich, siap penggal kepala Jokowi, Jokowi siap lehernya kita penggal kepalanya demi Allah’.

Entah apa yang ada di benak pemuda ini sehingga berani berbuat onar dengan mengancam Presiden Jokowi seperti itu. Sebuah video yang memperlihatkan seorang wanita berdemonstrasi di depan Gedung Bawaslu, Jumat (11/5/2019) lalu, beredar viral.

Di video itu lalu muncul pria yang mengenakan jaket cokelat dan berpeci, dan‎ menyerukan ancaman siap memenggal kepala Jokowi. “Siap penggal kepala Jokowi. Insyaallah, insyaallah penggal kepala ‎Jokowi. Jokowi siap-siap kepalanya kita penggal,” kata laki-laki yang mengaku berasal dari Poso, Sulawesi Tengah tersebut, dalam video berdurasi 1,34 detik.

Imbas dari video tersebut, Ketua Umum Relawan Jokowi Mania Immanuel Ebenezer melaporkan ancaman itu ke Polda Metro Jaya, Sabtu (11/5/2019). Guna melengkapi laporannya, Immanuel turut membawa barang bukti pendukung, mulai dari rekaman video hingga beberapa gambar saat aksi unjuk rasa berlangsung.

“Ancaman tersebut sangat mengerikan, menakutkan. Yang rekam video dan yang mengancam, dua-duanya kami laporkan,” tutur Immanuel di Polda Metro Jaya. Seusai membuat laporan dengan nomor LP/2912/V/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus, Immanuel berharap polisi bisa bergerak cepat melakukan penyelidikan, penyidikan, dan membawa pelaku ke meja hijau.

Dalam laporan tersebut, terduga pelaku diancam dengan Pasal 207 KUHP tentang penghinaan terhadap penguasa, dan Pasal 27 ayat 4 jo Pasal 45 ayat 1 UU No 19 Tahun 2016 perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang ITE. Sebelumnya, beredar sebuah rekaman video yang memperlihatkan seorang wanita yang berdemo di depan Kantor Bawaslu pada Jumat (11/5/2019) lalu.

Tak lama muncul seorang pria yang menyebut ‘penggal kepala Jokowi’ dalam video itu. Ia secara terang-terangan mengancam akan memenggal kepala Presiden Jokowi. Hal ini seperti dikutip dari unggahan akun Twitter @yusuf_dumdum yang mengunggah sebuah postingan pada 11 Mei 2019. “Siapa kamu mau penggal kepala Presiden RI?

Tolong segera ditangkap orang ini. Cc @DivHumas_Polri @CCICPolri,” tulis @yusuf_dumdum dalam postingannya. Dalam video berdurasi 20 detik tersebut, tampak seorang pria berjaket cokelat melontarkan ancamannya kepada Presiden RI.

Video yang tampaknya direkam di tengah kerumunan massa itu, secara jelas memperlihatkan pria berjaket cokelat memberi ancaman kepada Jokowi. Meski demikian sebelumnya tak diketahui identitas pemuda dalam video viral yang telah ditonton lebih dari 35,5 ribu kali itu.