Wednesday, September 26Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Lapar Mata Saat Berbuka? Atasi Dengan Cara Ini!

Lapar Mata Saat Berbuka? Atasi Dengan Cara Ini! - Bulan Suci Ramadhan

Setiap memasuki bulan suci Ramadan, sudah pasti menjelang waktu berbuka akan ada banyak pedagang dadakan yang menjual takjil. Ini adalah makanan kecil untuk berbuka puasa, biasanya berupa minuman manis dan makanan kecil. Namun ada juga yang menjual takjil berupa makanan berat untuk berbuka puasa dan langsung menjualnya di pinggir jalan.

Siapa pun yang berpuasa tentu akan tergoda untuk membelinya, bahkan sering kali dalam jumlah banyak. Kegiatan ‘lapar mata’ makanan ini memang sudah tidak bisa dihentikan lagi, Anda juga tahu jika porsi makan tidak sebanyak itu, namun karena perut dalam kondisi lapar sehingga keinginan untuk membeli dalam jumlah banyak selalu meningkat.

Bagaimana cara mengatasi lapar mata, bahkan hampir setiap harinya Anda harus membuang makanan sisa yang dibeli dalam jumlah melimpah. Ternyata bukan dengan cara membatasinya, ini hanya akan berhasil satu hari saja, setelahnya akan kembali seperti semula. Apa yang Anda harus lakukan, rubah kebiasaan makan sahur.

Jika makan sahur dengan porsi yang cukup, di tunjang dengan tambahan protein, mineral dan vitamin yang seimbang. Maka tidak akan merasa terlalu lapar dan terkena sindrom lapar mata setiap berbuka puasa.

Baca juga: Bolehkan Makanan Dipanaskan Setelah Sahur?

Hal ini disampaikan oleh Ahli gizi, dimana penting sekali memperhatikan menu makanan ketika sahur, sehingga bisa tetap berpuasa dengan lancar, tanpa mengalami rasa lapar berlebih. Sehingga saat berbuka puasa, bisa mengkonsumsi makanan sesuai porsinya, bahkan jika berlebihan tidak bisa menjalankan ibadah salat taraweh.

Apa menu sahur yang tepat? Pilih makan yang mengandung karbohidrat, protein dan serat tinggi. Jika memang tinggal sendiri, bisa membuat roti isi telur, sayur dan daging. Ini sudah cukup untuk kebutuhan makan bergizi dalam satu hari penuh, sehingga menjelang berbuka tidak terlalu lapar. Jika merasa lebih kenyang, bisa konsumsi buah dan susu, agar bisa dicerna dengan lebih lama dan tidak mudah lapar nantinya.

Bagaimana cara mengatasi agar tidak teralu haus? Padahal ini sedang memasuki musim panas, banyak yang meminum air putih lebih banyak saat sahur. Ternyata menurut ahli gizi ini hal yang salah, konsumsi air putih terlalu banyak hanya akan membuat buang air kecil terlalu sering bahkan membuat rasa haus datang lebih cepat.

Lebih baik minum air putih 2 hingga 3 menjelang imsak saat sahur, ini akan membuat tubuh terasa segar. Namun ada baiknya tetap mencukupi kebutuhan air dengan 8 gelas perhari, bisa menggunakan rumus 2-4-2 yaitu, dua gelas saat berbuka puasa, 4 gelas setelah salat taraweh dan makan malam, sedangkan 2 gelas lagi di konsumsi saat sahur.

Ini akan membuat tubuh terasa lebih segar dan tidak mudah lesu, sehingga jangan makan dan minum saat sahur terlalu banyak. Sebaiknya dalam porsi cukup saja, jika memang banyak aktivitas di luar ruangan, bisa tambahkan multivitamin dan susu, ini hanya sesuai kebutuhan, tetapi jika sudah terlalu kenyang jangan di paksakan.

Related Post

Risiko Alzheimer Lebih Tinggi Pada Wanita Melahirk... Risiko Alzheimer biasanya akan dialami oleh seseorang yang berusia lebih dari 45 tahun, dimana ini akan membuat Anda mengalami lupa pada hal yang baru...
10 Trik Seksual untuk Menghipnotis Pria di Atas Ra... Keberhasilan dalam membangun hubungan seksual merupakan salah satu kunci untuk mempertahankan keharmonisan rumah tangga, dan yang memegang peran uta...
Cara Mudah Awet Muda Dari Usia Sesungguhnya Banyak wanita mencemaskan pertambahan usia akan membuat wajah menjadi terlihat lebih tua, sehingga melakukan berbagai cara agar terlihat awet muda. In...
Nyeri Menstruasi Dapat Hilang Dengan Air Hangat Nyeri menstruasi memang akan terjadi di hari pertama, apalagi pada remaja yang mengalami siklus bulanan pertama kalinya. Rasa nyeri berlebih memang te...

One Comment

Comments are closed.