Wednesday, September 26Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Lansia Berisiko Depresi Lebih Tinggi? Temukan Faktanya

Penting sekali menjaga kesehatan, karena sehat itu tidak ternilai harganya. Apalagi jika Anda sudah memasuki usia senja, menjelang 50 tahun ke atas. Kini ada penelitian yang menyebutkan, jika lansia juga berisiko mengalami depresi, bahkan sudah banyak manula yang mengalami hal tersebut, karena tidak bisa menjaga kondisi tubuh di usia tua.

Sudah pasti terjadi perubahan dalam tubuh memasuki usia 50 tahun, banyak hormon yang kurang bahkan berhenti berfungsi sama sekali. Terjadi penuaan pada otak dan memicu terjadinya pikun atau menurunkan daya ingat dan kemampuan otak. Sehingga jangan heran, jika lansia lebih mudah tersinggung, pada hal kecil yang tidak seharusnya.

Banyak kini berkembang mitos dan pemahaman yang tidak logis tentang apa yang terjadi pada lansia, hampir sebagian besar itu tidak benar. Namun ada beberapa hal yang tepat dan sudah dibuktikan secara medis, Anda harus bisa menjaga diri dengan baik.

4 Mitos Tentang Lansia yang Berisiko Depresi

  1. Olahraga Bukan Kegiatan Untuk Lansia

    Sudah pasti, tubuh membutuhkan peregangan dan penyegaran setelah aktivitas sepanjang hari. Maka dari itu, Anda menyempatkan untuk ke pusat kebugaran atau sekadar olahraga biasa untuk tetap menjaga kondisi tubuh, bagaimana dengan lansia apakah masih perlu berolahraga? Lansia masih perlu melakukan olahraga.

    Namun bukan berarti olahraga berat seperti di Gym, melainkan hal ringan, seperti tetap berjalan kaki minimal seribu langkah. Jika bosan di rumah, maka bisa melakukan berjalan sehat di pagi hari di lingkungan sekitar, udara pagi sangat sehat dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Bisa juga ikut sepeda sehat, senam lansia bahkan melakukan yoga. Lakukan saja olahraga ringan, ini akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar dan mengurangi depresi.

    Baca juga : http://www.ulasandunia.com/sedih-karena-banyak-dibohongi-laki-laki-temukan-jawabannya/

  2. Menua dan Sendirian Ada baiknya lansia tidak tinggal sendiri di usia senja, selain karena sudah tidak bisa menjaga diri dengan baik, akan membutuhkan banyak pertolongan orang sekitar. Hal ini bahkan bisa memicu rasa kehilangan yang mendalam, apalagi jika sebelumnya banyak dikelilingi anak-anak dan cucu. Rasa kehilangan inilah yang bisa memicu depresi pada lansia. 
  3. Semakin Menua Otak Berhenti Produk Sel Baru

    Banyak orang salah mengira, jika sudah memasuki usia 50 tahun maka otak tidak berfungsi secara maksimal karena tidak memproduksi sel baru. ini salah besar, sudah ada penelitian yang menyebutkan jika hingga usia 79 tahun, otak masih memproduksi sel baru. Tetap akan memproduksi ribuan neuron hippocampus, ini sama halnya seperti orang dewasa.

    Namun karena lansia tidak menggunakan fungsi otak secara maksimal dan kurangnya aliran darah ke otak, maka bisa menurunkan fungsi kognitif, inilah yang bisa memicu terjadinya depresi. Ada baiknya hingga usia senja, tetap memiliki aktivitas yang memicu pola pikir, sehingga tidak akan terjadi efek penyakit tua.

  4. Faktor Genetika Hal lain yang bisa membuat lansia mengalami depresi adalah faktor genetika, ini memang benar namun bisa dihindari dengan menerapkan pola hidup sehat, konsumsi makanan sehat dan tetap aktif di usia senja. Bukan hanya masalah otak, namun kesehatan juga akan tetap bagus dan tidak mengalami penyakit serius.

Ternyata ada banyak mitos yang benar namun ada juga yang salah, maka dari itu ada baiknya untuk lansia tetap berada di rumah dengan keluarga terdekat. Jangan tinggal sendiri karena bisa memicu depresi, sebaiknya gunakan waktu di usia senja untuk mendekatkan dengan Tuhan, keluarga dan orang sekitar.

Related Post

Tenaga Honorer Berpeluang Besar Jadi Pegawai Neger... Para tenaga kerja honorer di Kementerian dan lembaga Pemerintah diberi perlakuan khusus untuk mendaftar CPNS 2018 yang berupa kesempatan untuk dapat...
Mulai Rubah Kebiasaan Buruk Minum Langsung Dari Tu... Saat kita merasa haus pasti akan segera minum, apalagi jika berada di luar rumah tentu mencari air minum kemasan dalam botol. Apakah Anda akan langsun...
3 Alasan Teratas Mengapa Anda Harus Beristirahat K... Ketika membicarakan seorang atletik profesional, mereka memiliki musim yang pasti. Di akhir musim, volume pelatihan ditingkatkan dan program didasar...
10 CEO Terseksi Ini Bakal Bikin Laki-laki Terperan... Memimpin sebuah bisnis besar atau korporasi bukan urusan yang gampang. Padatnya berbagai aktifitas membuat tenaga dan pikiran praktis terkuras. Tapi b...

One Comment

Comments are closed.