Sunday, November 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Langkah-Langkah Mencegah Terjadinya Menopause Dini pada Wanita

Menopause adalah hal yang pada akhirnya akan terjadi pada semua wanita sama seperti keriput yang timbul pada wajah wanita seiring meningkatnya usia tetapi akan sulit jika para wanita mengalami perubahan ini di usia 30-an atau awal 40-an. Meskipun usia menopause sangat ditentukan oleh gen seorang wanita, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk memperlambat gejala menopause yang muncul.

  1. Berhenti Melakukan Olahraga Secara Berlebihan (Overexercising)


    Salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk mencegah menopause sebelum waktunya adalah dengan berolahraga. Olahraga membantu mengatur kadar hormon di tubuh dan mempertahankan lemak tubuh yang normal. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Mid-Life Health menunjukkan bahwa olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan ovulasi yang tidak teratur dan ketidakseimbangan hormon. Periksakan diri anda pada dokter jika tidak mengalami haid selama satu atau dua bulan.

  2. Berhenti Merokok

    Merokok adalah salah satu dari beberapa hal yang diketahui menyebabkan menopause dini. Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan dalam  jurnal penelitian “Annals of Medical and Health Sciences”, rokok mengandung nikotin, sianida, dan karbon monoksida yang dapat mempercepat laju kematian sel telur. Sel telur tidak bisa diganti setelah mereka mati atau lenyap sehingga anda akan mengalami menopause dini.

  3. Berhenti Menggunakan Produk yang Terbuat dari Plastik

    Bagaimana jika anda tahu bahwa kosmetik, sabun dan shampo pencuci tubuh, serta botol air mineral yang anda gunakan dapat menyebabkan perubahan hormonal yang parah ? Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal British Menopause Society menunjukkan bahwa bahan pemicu lingkungan yang disebut pengacau endokrin (endocrine disrupters) yang ditemukan dalam plastik dan phthalate yang digunakan di banyak barang-barang rumah tangga dan kosmetik dapat menyebabkan menopause dini.

  4. Menjaga Indeks Massa Tubuh Tetap Seimbang

    Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Maturitas, kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab paling umum dari hormon estrogen yang berlebihan pada wanita dan hormon estrogen yang berlebihan merupakan salah satu penyebab ovarium menjadi gagal berfungsi yang paling umum. Oleh karena itu menjaga berat badan tetap seimbang adalah salah satu hal terbaik yang dapat anda lakukan untuk menjaga keseimbangan hormon di tubuh anda.

  5. Berhenti Meminum Alkohol

    Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Maturitas menunjukkan bahwa konsumsi minuman beralkohol yang banyak juga terkait dengan menopause dini dan tingkat kesuburan yang menurun. Oleh karena itu berhati-hatilah dengan apa yang anda minum.

Related Post

Meghan Markle Masuk Nominasi Teen Choice Award 201... Kembali Ducches of Sussex, Meghan Markle yang baru resmi beberapa bulan menjadi istri Pangeran Harry mendapatkan sorotan dunia. Pasalnya berhasil masu...
Mulai Atur Keuangan Agar Bebas Utang Setelah Lebar... Pengaturan keuangan yang baik akan membuat hidup Anda bebas utang, hal ini sudah dibuktikan banyak orang. Kebanyakan memang melihat pinjaman sebagai p...
Jawaban Jack Ma Pada Soal Matematika Buat Semua Au... Siapakah yang tidak mengenal Jack Ma? Dia adalah sorang pebisnis sukses asal Tionghoa yang merupakan pemilik dari Alibaba group, yaitu salah satu pe...
10 Atlet Wanita Terseksi Mereka tidak hanya memukau dengan prestasinya, tapi juga memukau karena kecantikan wajah dan keindahan tubuhnya. Karena itu, jika ada laki-laki yang b...

One Comment

Leave a Reply