Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Lagi-lagi Youtuber Konten Vulgar Dipanggil Oleh KPAI

Lagi-lagi Youtuber Konten Vulgar Dipanggil Oleh KPAI

Clara Gopa dan Variola May yang tergabung dalam Duo Semangka memenuhi panggilan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada hari ini, Kamis (22/8). Mereka dilaporkan atas beredarnya video klip ‘Mantul Mantul’ yang dianggap vulgar.

Kedua personel itu pun berkesempatan untuk memberi klarifikasi terkait video ‘Mantul Mantul’ kepada pihak KPAI. Tiga jam kemudian, setelah pertemuan tersebut rampung digelar, mereka menyampaikan pernyataan kepada media sembari didampingi oleh KPAI. “Saya meminta maaf sebesar-besarnya kepada KPAI maupun wartawan media yang ada di sini,” ucap Variola May di kantor KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/8).

Variola, yang merupakan personel baru Duo Semangka, mengaku tidak keberatan dengan laporan dari masyarakat terkait video mereka yang dianggap vulgar. Ia memilih untuk mengambil pembelajaran dari permasalahan itu.

“Ini menjadi pembelajaran kami ke depannya buat lebih berhati-hati dalam mengolah social media dan kami punya komitmen ke depannya agar lebih menghibur dengan cara yang positif,” katanya. Tak jauh berbeda halnya dengan Clara Gopa. Panggilan dari KPAI tersebut, diakuinya, menjadi hikmah tersendiri.

“Jadi, kami lebih berhati-hati, yang mungkin dulu Duo Semangka belum punya nama, jadi frontal, terbuka, kemudian di-upload di YouTube,” ujarnya. Ia pun berjanji untuk tidak lagi mengumbar tampilan yang vulgar dalam menghibur masyarakat.

“Dari sini, Clara pribadi dan Duo Semangka akhirnya lebih memahami dan lebih tahu bahwa nama Duo Semangka sudah mulai banyak dikenal. Mungkin image seksi tetap ada di masyarakat. Tapi, untuk kevulgaran, kami mungkin mulai tertutup,” pungkasnya.

Ketua KPAI, Susanto mengatakan, klarifikasi dilakukan untuk menindaklanjuti sejumlah keluhan masyarakat terhadap video yang diduga Duo Semangka. Video mereka dinilai tidak sesuai dengan asas kepatutan.

Menurut Susanto, ada kekhawatiran jika anak-anak melihat video tersebut, maka bisa meniru tindakan dari para personel Duo Semangka. “Konten yang ada di YouTube enggak pantas untuk anak. Jadi kami pasti akan coba klarifikasi,” kata Susanto kepada kumparan, Rabu (21/8).

Kendati demikian, Susanto tidak menjelaskan secara detail mengenai konten Duo Semangka yang dianggap tak pantas untuk dilihat anak. Ia mengatakan, hal itu akan disampaikan usai proses klarifikasi. “Nanti saat pertemuan dengan Duo Semangka kita sampaikan,” ucap Susanto.

KPAI sebenarnya telah menjadwalkan proses klarifikasi terhadap Duo Semangka pada Senin lalu. Namun mereka berhalangan hadir dan meminta penjadwalan ulang. “Infonya sedang syuting,” ucap Susanto.

KPAI pun menentukan jadwal pemanggilan kembali untuk Duo Semangka. Rencananya, klarifikasi terhadap mereka akan dilakukan pada Kamis (22/8) pukul 13.00 WIB. “Iya, kita sampaikan panggilan lagi untuk yang kedua kalinya. Semoga besok hadir,” tutup Susanto.