Monday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Laga Big Match Ini Bikin Stadion Gelora Bung Karno Rusak

Laga Big Match Ini Bikin Stadion Gelora Bung Karno Rusak

Beberapa titik lokasi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) mengalami kerusakan usai laga Persija Jakarta vs Persib Bandung dalam lanjutan pekan kedelapan Liga 1 2019, Rabu (10/7/2019). Membeludaknya para pendukung Persija, Jakmania, di bagian tribune utara dan barat akhirnya membuat pagar pembatas rubuh.

Atas insiden itu, COE Persija Jakarta Ferry Paulus sudah menggaransi akan mengganti sejumlah kerusakan tersebut. Hal itu pun sudah menjadi prosedur awal lantaran Persija menjadi pihak penyewa SUGBK.

Kepala Unit Fasilitas SUGBK, Mulyani, mengatakan pihak pengelola baru mengidentifikasi sejumlah kerusakan. Karena itu, pihaknya juga masih belum bisa merinci nominal kerugian usai laga yang dihadiri sebanyak lebih dari 70 ribu orang itu.

”Untuk total biaya penggantian kerusakan, kami belum bisa merinci, karena siang tadi kami bersama Jakmania yang diwakili oleh Ferry (Indra Sjarief, Ketua Umum Jakmania) baru saja meninjau apa-apa saja yang rusak,” kata Mulyani ketika dihubungi, Kamis (11/7). ”Terkait kerusakan, titiknya ada di belakang tribune difabel atau di dekat pintu kuning. Yang rusak pagar pembatas dan kursi. Kalau kursi rusaknya ini karena tertimpa pagar pembatas,” imbuhnya.

Terkait biaya penggantian, pihak pengelola sejatinya bisa mengambil ganti rugi melalui uang jaminan atau deposit saat Persija menyewa SUGBK. Sebab, sesuai ketentuan penyewaan, Persija telah membayar hingga Rp 1,950 miliar dengan perincian Rp 450 juta sebagai biaya pemakaian, ditambah Rp 1,5 miliar sebagai jaminan andai terjadi kerusakan selama penyewaan.

Mulyani menyatakan total terdapat 10.098 buah kursi yang mengalami kerusakan. Akan tetapi, dari angka itu, tak semuanya masuk ke dalam kerusakan kategori berat. ”Yang pasti (kursi) ada yang mesti diganti baru dan ada yang tinggal pasang karena bautnya ada yang lepas. Untuk pagar pembatas juga sama, ada yang bisa dipasang dan ada yang mesti diganti baru,” tandasnya.

Bagi Persija, laga kemarin merupakan kali pertama menghadapi Persib di SUGBK sejak 2014 silam. Dalam tiga musim, Persija menjamu Persib di Stadion Manahan, Solo, dan Stadion PTIK, Jakarta Selatan. Direktur Utama PPKGBK, Winarto, menyebut ada sekitar 11 ribu kursi rusak dan pagar tribune yang nyaris roboh. Ia lantas menaksirkan jumlah kerugian berkisar Rp 300-500 juta.

Sementara itu, biaya perbaikan SUGBK mengambil dari dana deposit yang sudah disetor Persija. Seperti diketahui, setiap kali Macan Kemayoran main di SUGBK, mereka harus menyetor sebesar Rp 1,95 miliar. Perinciannya, Rp 450 juta untuk biaya sewa dan sisanya untuk deposit jika stadion ada kerusakan.