Friday, July 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kurma Ternyata Bisa Dijadikan Makanan Pendamping ASI

Kurma Ternyata Bisa Dijadikan Makanan Pendamping ASI

Anda mungkin sudah membeli kurma untuk stok bulan Ramadan ini. Ya, buka puasa rasanya kurang lengkap tanpa buah manis satu itu.

Kurma mengandung segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan kalorinya dapat mengembalikan energi dengan cepat setelah seharian berpuasa. Kurma juga kaya serat untuk melancarkan sistem pencernaan, kalium untuk menyeimbangkan metabolisme, kalsium, vitamin B kompleks, zat besi, magnesium, dan lain-lain.

Saking banyaknya manfaat dari kurma, Anda mungkin berpikir untuk memberikan kurma pada si kecil. Tapi bolehkah bayi makan kurma? Banyak ahli ternyata justru merekomendasikan kurma untuk asupan bayi sehari-hari begitu si kecil mulai diberi Makanan Pendamping ASI (MPASI), Moms. Alasannya karena buah itu tak hanya kaya energi, tapi juga vitamin dan mineral yang penting untuk tumbuh kembang bayi.

Mengutip laman Mom Junction, kurma dapat memberikan nutrisi esensial yang tidak ada dalam susu. Kurma dapat melawan bakteri jahat dalam pencernaan bayi, melindungi kesehatan hati sehingga bayi tak mudah kena infeksi, dan dapat mempercepat kesembuhan bila bayi sedang demam, batuk, atau mengalami cacar air.

Lantas bagaimana cara memberikan kurma pada bayi?

Kenalkanlah kurma bersamaan dengan buah lainnya. Untuk bayi usia 6 bulan, berikan kurma dalam porsi kecil untuk diolah menjadi puree atau kukus kurma agar lebih teksturnya lebih lembut. Lihat bagaimana reaksi si kecil.

Begitu bayi sudah bisa diberi finger food, berikan kurma yang sudah diambil bijinya. Namun pilihlah kurma yang tidak terlalu kering agar mudah dikunyah. Perlu Anda tahu juga Moms, kurma yang telah dikeringkan diberi sedikit lapisan sulfat untuk mencegah pertumbuhan jamur.

Dilansir First Cry Parenting, bayi yang memiliki asma atau alergi pada sulfat sebaiknya menghindari kurma kering. Anda juga bisa berkonsultasi pada dokter anak untuk menemukan cara aman memberikan kurma pada bayi dengan asma.

Memberikan Asupan Nutrisi

Kurma diketahui mengandung vitamin dan mineral yang cukup tinggi sehingga baik untuk tumbuh kembang buah hati. Tak hanya itu, kurma juga memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang sangat baik untuk kekuatan tulang serta potasium yang bermanfaat untuk pertumbuhan otak Si Kecil.

Baik Untuk Usus

Berdasarkan buku “Foods That Heal” yang ditulis oleh H.K. Bakhru, kurma memiliki kandungan yang dapat membunuh parasit merugikan dan membantu berkembangnya bakteri baik dalam usus sehingga sempurna untuk pencernaan. Hal inilah yang membuat kurma cocok dijadikan makanan pendamping untuk menjaga kesehatan usus Si Kecil dan mencegah terjadinya sembelit.