Saturday, July 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kulit Berminyak Harus Gunakan Perawatan Tepat Cegah Jerawat

Kulit berminyak memang jadi masalah masyarakat yang tinggal di wilayah tropis, hal ini terjadi karena sinar matahari lebih melimpah sehingga memicu minyak di produksi lebih banyak lagi. Kulit wajah berminyak memang cenderung terlihat berminyak bahkan lengket, apalagi jika terpapar langsung sinar matahari.

Hal ini jadi sesuatu yang buruk, apalagi jika terkena banyak debu dan kotoran sehingga membuat komedo dan jerawat tumbuh lebih banyak dan menyebar dalam bentuk bintik-bintik merah. Ini bukan masalah, kabarnya kulit berminyak bisa mengurangi timbulnya keriput secara dini, hal tersebut tentu menyenangkan bagi wanita.

Namun Anda tentu tidak ingin minyak berlebih di wajah bisa menjadi kendala, apalagi jika harus berada di luar ruangan dan harus membenahi makeup terus menerus. Kenapa tidak melakukan perawatan wajah, hal ini terbukti efektif bisa menekan produksi minyak di wajah bahkan mengurangi terjadinya jerawat berlebih apalagi mendekati masa menstruasi.

5 Solusi Tepat Atasi Kulit Berminyak Berlebihan

  1. Gunakan Sabun Cuci Muka yang Tepat

    Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah memilih sabun cuci muka yang tepat, pasalnya ini akan berpengaruh pada produksi minyak setiap harinya. Ada baiknya untuk kulit berminyak cuci muka dengan air hangat dari pada air dingin, karena dapat mengangkat minyak lebih banyak, sehingga tidak terlihat kinclong.

    Baca juga : cara alami atasi karang gigi membandel

  2. Pilih Toner Tanpa Alkohol

    Masalah utama bagi kulit berminyak adalah pori-pori yang cenderung besar, ini akan memicu komedo dan jerawat tumbuh lebih banyak dan cepat. Maka dari itu, gunakan toner tanpa kandungan alkohol. Karena bisa mengurangi produksi minyak di wajah, toner tanpa alkohol biasanya memiliki komposisi 75 persen air dan sisanya, bisa menyeimbangkan pH seperti kandungan salicylic acid. Cobalah toner dari ekstrak lemon, ini akan memberikan efek terasa lebih segar dan wangi harum.

  3. Gunakan Pelembab Wajah

    Ada baiknya menggunakan pelembab wajah, ini bahkan dibutuhkan semua jenis kulit agar tidak terasa keras dan lebih lembut. Disarankan digunakan di pagi dan sore hari, bahkan setelah penggunaan makeup tebal. Ini akan menimbulkan efek kulit terasa lebih kenyal, mencegah keriput dan bisa terlihat lebih awet muda.

    Pilih pelembab khusus oil free, sehingga bisa mencegah produksi minyak berlebih di wajah. Ini akan cocok digunakan sebelum makeup, bahkan sebelum tidur sehingga kulit tetap terasa nyaman dan terlindungi.

  4. Rutin Gunakan Masker

    Kulit berminyak butuh ‘makan’ lebih banyak, maka dari itu rutin gunakan masker untuk memberikan nutrisi lebih. Pilih masker lemon dan mint, ini sangat efektif untuk penyerapan minyak, bahkan kandungan mint sudah terbukti bisa menenangkan wajah yang sedang meradang akibat jerawat dna bakteri. Sedangkan, ekstrak lemon ini akan menjadi sebum untuk kulit.

  5. Sedia Kertas Minyak Lebih Banyak

    Anda akan berada di bawah paparan langsung sinar matahari, ada banyak membawa kertas minyak atau blotting paper. Ini bisa mengatasi dan menghilangkan kelebihan minyak secara instan, kertas minyak adalah solusi tepat mengatasi kulit berminyak dengan cepat bahkan bisa tampil on-fleek dengan cepat.

Bukan hal sulit untuk menjinakkan kulit berminyak, apalagi jika bekerja di luar ruangan lebih banyak. Ada baiknya, Anda menggunakan makeup ringan, karena kulit yang memproduksi minyak berlebih, berpotensi menimbulkan jerawat berlebih jika tertutupi dalam jangka waktu lama.

One Comment

Comments are closed.