Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kuliner Ini Diperebutkan Oleh Tiga Negara Di Asia Tenggara

Kuliner Ini Diperebutkan Oleh Tiga Negara Di Asia Tenggara

Akhir-akhir ini media sosial sedang diramaikan dengan postingan soal cendol yang diklaim sebagai minuman yang berasal dari Singapura. Banyak warga Malaysia yang tidak terima dan langsung saja protes begitu mengetahui cendol diklaim sebagai minuman dari Singapura oleh media internasional. Warga Malaysia yang tidak terima dan langsung protes saat mengetahui cendol diklaim sebagai minuman dari Singapura langsung ambil tindakan dengan memposting aneka cuitan di akun Twitter mereka masing-masing.

Dilansir oleh Grid.ID dari laman The Star Online, hari Rabu (5/12/2018), rasa kesal warga Malaysia ini berawal ketika salah satu media internasional telah memasukkan cendol dalam daftar terbaru ’50 makanan pencuci mulut terbaik di dunia’. Nah, di dalam daftar itu disebutkan kalau cendol berasal dari negeri Singapura.

Mengetahui hal ini, warga Malaysia pun langsung protes di media sosial. Mereka tidak terima kalau minuman cendol disebut sebagai minuman yang berasal dari Singapura, karena faktanya di Malaysia minuman ini juga dicintai oleh warga setempat. Bahkan beberapa netizen Malaysia menyebut bahwa cendol itu sebetulnya berasal dari Malaysia.

“Hello CNN Cendol adalah makanan penutup yang populer di Malaysia. Tidak bisa memaafkan CNN yang telah melabeli cendol sebagai makanan penutup dari Singapura,” tulis seorang netizen. “Cendol mungkin dari Malaysia atau bahkan Indonesia, tetapi yang pasti bukan dari Singapura,” ujar netizen berikutnya. “Cendol bukan berasal dari Singapura. Singapura mungkin punya cendol, bukan berarti asalnya itu dari Singapura. Mungkin lebih baik jika diganti Cendol itu dari Malaysia atau Indonesia saja,” timpal netizen lainnya.

Sementara itu, menurut salah seorang dosen Sejarah dari Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, Heri Priyatmoko, cendol itu justru bukan dari Malaysia apalagi Singapura. “Cendol diduga kuat berasal dari negeri kita yaitu Indonesia,” ujar Heri Priyatmoko seperti dikutip dari Kompas.com. “Hal itu sangat bisa dibuktikkan dengan maraknya cendol di wilayah pedesaan tempo dulu sampai pada detik ini,” lanjutnya. Heri bahkan juga menyebutkan jika ditinjau dari bahan pembuatannya, cendol memang merupakan produk pedesaan agraris. Kalau menurut kamu cendol itu berasal darimana guys?