Sunday, June 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kreasi Ubi Yang Cocok Untuk Berbuka Puasa Selain Kolak

Kreasi Ubi Yang Cocok Untuk Berbuka Puasa Selain Kolak

Ada banyak jenis hidangan khas bulan puasa di Tanah Air. Salah satunya olahan legit dari ubi. Biasanya ubi digunakan untuk bahan tambahan kolak pisang. Cita rasanya yang manis dengan tekstur lembut memang membuat kolak jadi lebih mengenyangkan dan menggugah selera.

Selain kolak, masih banyak lagi sajian lezat yang bisa dibuat menggunakan ubi. Rasa ubi yang manis memang cocok disajikan untuk membangkitkan tenaga di awal santap buka puasa. Berikut ini lima kreasi ubi yang bisa disajikan untuk mempermanis sajian buka puasa. Apa saja?

  1. Ubi goreng

Ubi goreng bisa jadi pilihan camilan yang cocok untuk menu buka puasa. Camilan manis nan renyah ini juga mudah dibuat sendiri di rumah. Jadi tak perlu repot-repot keluar untuk sekadar membeli ubi goreng.

Cukup potong-potong ubi lalu goreng dengan minyak panas hingga kuning keemasan. Bisa juga dilapisi tepung agar teksturnya lebih renyah. Ubi goreng ini cocok disajikan dengan seduhan teh hangat.

  1. Talam ubi

Tak ingin menyantap olahan goreng-gorengan? Talam ubi bisa jadi pilihan tepat. Talam ubi terbuat dari ubi yang dikukus dengan bahan lain seperti santan, gula, dan tepung ketan. Saat digigit, teksturnya kenyal dengan perpaduan rasa manis dan gurih dari santan. Jajanan pasar ini juga mudah dijumpai di berbagai toko kue maupun pasar tradisional. Jadi bisa jadi sajian pas saat tak sempat menyiapkan camilan buka puasa.

  1. Es krim ubi

Selain terbuat dari susu atau buah-buahan, es krim dari ubi juga tak kalah lezat dan menyegarkan. Apalagi tekstur ubi yang lembut membuat es krim semakin creamy dan lumer di mulut. Bila ingin membuatnya sendiri, caranya haluskan ubi kukus, santan, dan gula lalu bekukan hingga mengeras. Tambahan santan membuat es krim semakin gurih seperti cita rasa es puter tradisional.

  1. Bola ubi kopong

Meski tak sepopuler dulu, penjaja camilan ini masih bisa dijumpai di pusat keramaian. Sesuai namanya, camilan ini berbentuk bulat layaknya bola dengan bagian isi yang kopong atau kosong. Perpaduan rasa manis, gurih, dan teksturnya yang renyah membuat lidah tak hentinya mengunyah. Apalagi ditambah bubuk gula manis aneka rasa. Rasanya dijamin semakin nikmat.

  1. Biji salak ubi

Biji salak jadi salah satu sajian populer di bulan puasa. Biasanya sajian sejenis bubur ini terbuat dari campuran tepung ketan dan gula yang direbus hingga mengental. Tapi ada juga biji salak yang terbuat dari ubi. Campuran ubi membuat tekstur biji salak lebih lembut dan manis saat disantap. Biji salak ubi sering disajikan dengan tambahan bubur sumsum, santan, atau disajikan dengan kolak pisang.