Tuesday, June 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kondisi Kebun Binatang Di Cilodong Ini Sangat Tidak Layak

Kondisi Kebun Binatang Di Cilodong Ini Sangat Tidak Layak

Saat musim libur tiba, biasanya banyak orang yang memilih menghabiskan waktu bersama keluarga atau orang terdekat lainnya dengan mengunjungi tempat wisata. Berkunjung ke sebuah tempat wisata tentu saja akan menjadi suatu hal yang sangat menarik. Apalagi jika tempat wisata yang dikunjungi itu merupakan wisata alam. Selain itu pula jika kamu datang bersama anak kecil, kebun binatang tentu saja bisa dijadikan sebuah pilihan.

Pasalnya melihat berbagai binatang selalu menjadi hiburan tersendiri bagi anak kecil. Namun rupanya tidak semua kebun binatang itu memiliki tempat yang layak huni bagi hewan-hewan yang tinggal di sana. Bahkan ada pula beberapa kebun binatang yang kondisinya memang sangat memprihatinkan.

Kondisi kebun binatang mini Tirta Gupti Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat sudah sangat tidak layak, dan ini terbuka untuk umum. Foto diambil: Minggu 9 Juni 2019, di sekitar area kolam renang (buaya bukan di dalam kolam renang). “minizoo” ini kondisinya terlihat tidak nyaman.

Saat berkunjung hari itu, kondisi makanan yang diberikan pun sudah tidak layak, pisang-pisang yang ada di dalam ember tersebut pun sudah berbusa/berlendir, busuk dan berbau tidak enak. Burung-burung kasuari pun makan dari situ, tidak ada makanan baru yang terlihat.

Mini zoo yang dimaksud itu berada di dekat Kolam Renang Tirta Gupti, Cilodong, Depok. Foto-foto mini zoo yang sangat kotor pada Minggu (9/6) sebelumnya diunggah oleh netizen. Dari foto itu, terlihat banyak sekali sampah di kandang monyet hingga kolam buaya. Sampahnya mulai dari plastik hingga botol minuman.

“Lokasi: Kolam Renang Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat. Keadaannya memang sudah sangat tidak layak, dan ini terbuka untuk umum. Apa ada tindakan yg bisa dilakukan? Guys, what should we do about this?” tulis pemilik akun @halocilukba. Netizen tersebut juga menyoroti makanan untuk burung kasuari yang dinilai sudah  sangat tidak layak. Cuitan tersebut juga diretweet oleh akun WWF Indonesia dan diunggah ulang oleh Garda Satwa Indonesia.

Ketika dihubungi oleh media, Kepala Penerangan Kostrad Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim berterima kasih atas perhatian masyarakat terhadap keadaan mini zoo tersebut. Dia mengakui mini zoo itu memang jadi kotor saat libur Lebaran.

“Memang kemarin saat ada libur Lebaran banyak sekali pengunjung yang datang dari daerah sekitar dan kemungkinan pengawasan yang cukup kurang dari petugas. Karena kebetulan sebagian sedang izin cuti sehingga jadinya kotor,” kata Kolonel Adhi.

Dia mengatakan banyak pula pengunjung yang memberi makan binatang tanpa memperhatikan kebersihan. Saat ini, mini zoo dipastikan sudah bersih. Divisi 1 Kostrad juga sudah langsung berkoordinasi dengan pihak dari balai konservasi. Kostrad siap bila diminta menyerahkan kembali hewan-hewan itu.

“Divisi juga sedang berkoordinasi pula dengan pihak dari balai konservasi terkait kelanjutan pemeliharaan hewan-hewan tersebut. Apabila memang diperkenankan tetap dipelihara di sana sebagai sarana edukasi bagi anak-anak atau diserahkan ke kebun binatang atau pihak balai,” jelasnya.