Tuesday, September 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Komunikasi Terputus, Gempa Lombok Membuat Netizen Mengeluh

Komunikasi terputus, ini hal pertama yang dirasakan semua orang setelah muncul berita gempa lombok yang mencapai 7SR, gempa yang terjadi Nusa Tenggara Barat yang berpusat pada Lombok Barat dan Lombok Utama memang mencuri perhatian dunia. Setidaknya hingga 12 jam mendatang, dimana muncul banyak taggar yang mendunia.

Mulai dari #prayforNTB, ada juga #prayforLombok, serta banyak cuitan lainnya di twitter yang menyebutkan gempa di lombok. Satu hal yang menjadi gangguan berat, keluarga yang ada di luar daerah bencana mengalami kesulitan untuk mengakses keluarganya, pasalnya komunikasi terputus. Belum jelas apa yang menjadi penyebabnya, namun gempa yang terjadi cukup besar dan disertai dengan gempa susulan yang berulang kali.

Hal ini tentu saja menyebabkan sinyal internet atau sambungan provider mengalami gangguan, meskipun belum ada laporan yang menyebutkan jika ada tower provider yang tumbang. Namun ini hal yang normal, pasalnya ada pemadaman listrik untuk meminimalisir terjadinya bencana lanjutan seperti kebakaran.

Namun ada banyak netizen mengeluhkan sulitnya mencari informasi atau menghubungi kondisi terkini keluarganya, bukan hanya di Lombok namun sekitarnya hingga Bali yang merasakan goncangan cukup keras.  Ada banyak yang langsung tweet mencari keluarganya, lengkap dengan mention pengguna dan lokasinya sekarang.

Baca juga : Mesin Pencarian Blokir Gambar Porno Google Mengaku Tidak Tahu

Bukan hanya itu saja, netizen juga mengeluhkan tidak bisa mengakses internet. Dimana beberapa provider mengalami gangguan, seperti XL, yang dilaporkan salah satu pengguna twitter tidak bisa digunakan untuk menghubungi keluarga disana.

Namun tetap ada provider yang tetap bisa memberikan layanan, meskipun tidak bisa selancar sebelum terjadinya gempa lombok, ini tentu cukup melegakan dari pada terjadi komunikasi terputus total. Pasalnya di beberapa tempat yang menjadi pusat gempa memang terjadi kehilangan sinyal total, selain itu ada juga BTS yang mengalami gangguan dan membutuhkan perbaikan.

Beberapa kalanan juga terlihat putus dan rusak inilah yang menjadi penyebab utama komunikasi terputus setelah terjadinya gempa, ini memang tidak bisa disalahkan. Pasalnya gempa terjadi cukup keras, selain itu juga menyebabkan beberapa bangunan rubuh. Selain itu akses jalan menuju dan keluar Lombok juga mengalami rusak berat, sehingga terisolasi dan tidak bisa kemana-mana.

Selain mengeluhkan komunikasi terputus, banyak juga yang memberikan tanda bela sungkawa atas terjadinya bencana gempa lombok. Terakhir terasa gempa yang cukup keras hingga 6,4 SR, ini terjadi satu pekan setelah gempa pertama kalinya. Sehingga membuat banyak warga panik, karena kembali peringatan tsunami terdengar namun tidak terjadi tsunami yang ditakutkan.

Related Post

Menjenguk Bayi Baru Lahir, Pahami Etika Agar Tidak... Menjenguk bayi yang barus lahir memang kegiatan sangat menyenangkan, ini sangat disukai semua orang, bahkan anak-anak. Namun jangan sampai hal membaha...
Sering Di Gigit Nyamuk? Cari Tahu Penyebabnya Nyamuk adalah serangga yang menyebalkan, bahkan setiap kali datang bersama dengan bunyi degung yang mengganggu tidur di malam hari. Belum lagi, rasa s...
Gempa Lombok 7 SR Membuat Tamu Hotel Memilih Berma... Gempa lombok yang terjadi pada Minggu (05/08/2018) pada 18.00 WITA ternyata menyisakan trauma yang sangat mendalam, gempa yang terjadi hingga 7 Skala ...
Wajib Baca! Depresi Berat Karena Dilecehkan Oleh K...   Seorang korban pemerkosaan yang malu dengan bentuk tubuhnya setelah bertahun-tahun terjadi pelecehan seksual pada dirinya dan mengungkapkan me...