Sunday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kominfo Buka Blokir, Tik Tok Sudah Bisa Diakses Kembali

Kominfo buka blokir tik tok, inilah berita yang sudah dinantikan sejak Selasa (03/07/2018) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melakukan pemblokiran. Namun kini tik tok sudah bisa di akses kembali melalui smartphone, ini terpantau mulai terjadi pada pukul 15:50 di hari ini.

Sudah pasti kabar bahagia ini sudah dinantikan ratusan bahkan jutaan pengguna tik tok di Indonesia, terpantau beberapa operator sudah membuka blokir, seperti Telkomsel, XL, Blot dan Indosat. Namun beberapa operator seperti Tri dan Smartfren belum bisa mengakses tik tok seperti sebelumnya.

Terkait hal tersebut, Semuel Abrijani selaku Direjtur Jenderal Aplikasi Informasi (Aptika) mengatakan, jika pihak Kominfo sudah meminta pembukaan blokir tik tok. Hal tersebut didasari oleh pengembang aplikasi dari China tersebut sudah memenuhi beberapa persyaratan yang diajukan, mengenai kapan setiap operator seluler bisa di akses kembali, ini tergantung kecepatan ISP untuk membuka ulang blokir tersebut.

Ketika ditanyakan lebih lanjut, disebutkan bahkan semua pembukaan blokir sedang berlangsung. Memang beberapa provider sudah bisa langsung mengakses tik tok seperti sebelumnya. Namun ada yang masih belum, dipastikan beberapa jam ke depan semuanya sudah kembali normal, kembali lagi ini tergantung operator.

Baca juga : Tik Tok Berhasil Atasi Konten Negatif AI Dan Report Solusi Utama

Kominfo memang secara langsung mengabulkan pembukaan blokir tik tok, setelah berhasil membersihkan banyak konten negatif. Bahkan kini satu langkah lagi untuk memenuhi syarat selanjutnya, yaitu membuka kantor perwakilan di Indonesia. Saat ini sudah ada 20 kurator untuk Indonesia, dimana nantinya akan menjadi 200 orang.

Semuel juga menjelaskan, jika tik tok sudah melakukan beberapa perubahan tentang konten musik delapan bar tersebut, dimana memberikan panduan komunitas dalam bahasa Indonesia. Ini diharapkan akan memberikan rambu-rambu dalam penggunaan, sehingga tidak ada lagi protes yang berujung pemblokiran kembali.

Kominfo buka blokir tik tok karena sudah memenuhi beberapa persyaratan, namun peringatan keras ini jika tidak diindahkan dan kembali terulang. Bisa jadi bukan hanya pemblokiran sementara, namun akan berujung selamanya. Bahkan saat dalam masa pemblokiran, setiap pengguna tetap bisa membuka aplikasi, tetap bisa log in atau masuk, namun hanya terlihat warna hitam saja di layar.

Sudah jelas, kominfo buka blokir tik tok tidak dengan mudah. Hingga membuat perwakilan tik tok dari China datang langsung ke Indonesia, dimana telah melakukan beberapa pembicaraan, terkait dengan pembukaan blokir. Dimana Kominfo berharap, tik tok akan memberikan batasan usia pengguna, minimal 16 tahu dan segera membuka kantor perwakilan tetap di Indonesia.

One Comment

Comments are closed.