Monday, October 15Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kominfo Belum Buka Blokir Tik Tok, Sebelum Penuhi 3 Syarat Utama Terpenuhi

Kominfo melakukan tindakan tegas dengan melakukan blokir pada aplikasi musik tik tok, hal ini langsung dirasakan semua pengguna karena tidak bisa lagi di akses mulai Selasa (03/07/2018) siang lalu. Sudah jelas ini menimbulkan banyak, pasalkan pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Noor Iza, menegaskan belum membuka blokir hingga terpenuhi 3 syarat utama.

Pemblokiran tik tok yang dilakukan Kominfo memang bukan karena satu dua kasus saja, namun sudah ada lebih dari 3 ribu aduan yang menyatakan ketidaknyamanan aplikasi tersebut. Apalagi untuk orang tua, dimana banyak konten yang sebaiknya tidak ditonton langsung oleh anak-anak di bawah umur, meskipun sudah mendapatkan pendampingan dari orang dewasa.

Menkominfo, Ruadiantara memang sebelumnya sudah menyebutkan jika pemblokiran tik tok hanya bersifat sementara jika bisa memenuhi 3 syarat utama yang diajukan oleh Kominfo. Mengenai hal tersebut, nampaknya dari pihak pengembang belum bisa memberikan kepastian, sehingga bisa dipastikan dalam waktu dekat tik tok belum dapat digunakan seperti sebelumnya.

Bahkan ditegaskan, jika semua syarat yang diajukan sudah dilaksanakan pihak tik tok, Rudiantara bahkan berani menjamin dalam pernyataannya bisa membuka blokir mulai subuh, jika memang sudah terbukti bersih dan siap untuk kembali dinikmati oleh semua masyarakat. Kominfo hanya menjembatani keluh kesan masyarakat, dimana banyak yang membuat surat keluhan jika merasa tidak nyaman dengan aplikasi yang dikembangkan oleh Tiongkok tersebut.

Baca juga : Kominfo Akhirnya Blokir Tik Tok Apakah Akan Di Buka Kembali

Sebenarnya apa isi syarat pengajuan pembukaan blokir tersebut, ini terbilang cukup mudah. DNS portal video singkat tersebut harus membersihkan konten yang bersifat negatif. Ini harga mutlak dan tidak bisa ditawar kembali. Rudiantara bahkan menyebutkan, jika Tik Tok jika masih ingin digunakan di Indonesia, hanya cukup membersihkan konten negatif maka blokir sudah bisa dibuka kapan pun itu.

Syarat kedua, tik tok harus membuka kantor perwakilan resmi yang berdomisili di Indonesia. Ini bahkan sudah diterapkan untuk beberapa sosial media yang berkembang di Indonesia, seperti facebook misalnya. Tik Tok memang memiliki beberapa kantor di penjuru dunia, namun belum membuka kantor perwakilan resmi di Indonesia.

Ini bersifat berkelanjutan, setelah membersihkan kontan negatif maka akan dipantau secara berkala bagaimana pembukaan atau rencana pembangunan kantor tik tok di Indonesia. Bahkan ini sudah disetujui oleh pihak tik tok, karena memang sudah berencana untuk membuat kantor perwakilan sendiri di Indonesia.

Syarat ketiga, tik tok diharapkan bisa memberikan batasan usia untuk setiap pengunanya atau penontonnya. Fitur ini sebelumnya memang sudah ada, namun Tik Tok membatasi usia di atas 12 tahun, dimana pihak Kominfo meminta minimal batasan usia pengguna adalah 16 tahun. Ini sesuai dengan aturan yang ada di Indonesia, bahkan lebih cepat dari kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau lisensi mengendarai kendaraan bermotor (SIM).

Ketika diminta penjelasan lengkapnya, Noor memberikan pernyataan jika Indonesia tidak bisa disamakan dengan Amerika Serikat, Korea Selatan, China dan negara lainnya yang juga memiliki pengguna tik tok lebih banyak lagi. Namun ada aturan dan budaya lokal yang harus dihormati, jika Tik Tok masih ingin memiliki pengguna di Indonesia, maka sebaiknya menghormati dan menghargai budaya lokal.

Hal ini tentu sudah menjawab semua keluh kesal dari setiap pengguna Tik Tok, pihak Kominfo hanya memberikan perlindungan dimana banyak yang menyebutkan jika aplikasi DNS berbasis musik ini cukup memengaruhi dan meresahkan masyarakat. Sehingga pihak Tik Tok diharapkan bisa mengikuti aturan yang berlaku agar pemblokiran bisa segera di buka kembali.

Related Post

Putri Pertama Michael Buble Luisana Lopilato Telah... Putri pertama yang sudah sangat dinantikan Michael Buble dan istrinya, Luisana Lopilato memang melengkapi keluarga baru mereka. Sebelumnya Buble dan L...
Matt Damon di Indonesia, Ada Apa? Matt Damon, Aktor Hollywood, beberapa waktu lalu diketahui berada di Indonesia. Kedatangan aktor The Bourne Ultimatum ini bukan untuk berwisata, melai...
Lipstik Menempel Di Gigi, Ini Cara Mengatasi Kebia... Lipstik menempel di gigi, ini hal wajar yang akan dialami oleh Anda saat memakai pemulas bibir pertama kalinya. Pasalnya belum bisa menggunakan dengan...
WOW,Pria Jepang Malu dengan Tonjolan Puting. Saat ini Tren baru bagi Laki-Laki Jepang yang peduli dengan penampilan, sungguh begitu aneh sampai sampai harus malu akan tonjolan putingnya dan mer...