Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kombinasi Makanan Ini Ternyata Berbahaya Untuk Kesehatan

Kombinasi Makanan Ini Ternyata Berbahaya Untuk Kesehatan

Makanan memang paling mantap dikonsumsi dengan tambahan pendamping lainnya. Sebagai contoh, kombinasi ayam goreng tepung dengan kentang goreng untuk makan siang atau makan malam.

Sayangnya, tidak semua kombinasi makanan ternyata baik untuk kesehatan. Alih-alih membuat tubuhmu berenergi, kombinasi makanan yang tidak tepat ternyata juga bisa menyebabkan masalah kesehatan. Kombinasi makanan apa saja yang bisa menyebabkan masalah kesehatan? Berikut kumparan rangkum untuk kamu.

  1. Pasta dan daging cincang

Enggak disangka, ternyata mengombinasikan pasta dan daging cincang tidak baik untuk kesehatan. Alasannya, karena kelenjar ludah menghasilkan ptyalin dan amilase, yang bisa mengubah karbohidrat (pasta) menjadi gula sederhana. Pada saat gula sederhana tersebut menutupi protein (yang berasal dari daging). Maka keduanya bisa menciptakan campuran kimia berbahaya yang menyebabkan diabetes dan penyakit kardiovaskular.

  1. Susu dan nanas

Nanas memiliki cita rasa khas yaitu asam. Buah ini tidak dianjurkan dikonsumsi di pagi hari karena bisa membuat pencernaan bekerja lebih lambat. Menurut beberapa ahli gizi, nanas juga tidak dianjurkan untuk dicampurkan dengan produk susu. Ini karena, nanas mengandung bromelain atau sejenis enzim yang bisa menyebabkan keracunan bila dikombinasikan dengan produk susu.

  1. Kentang dan daging

Kombinasi makanan yang satu ini memang paling populer. Biasanya ditemukan di berbagai restoran steak. Meski jadi kombinasi paling favorit, sayangnya kedua makanan ini digolongkan jadi yang sangat berat. Alasannya, karena kanji yang ada di dalam kentang menuntut pencernaan alkalotik, dan protein dari kebutuhan daging yang asam.

Jika dikonsumsi bersama, kedua makanan tersebut bisa terjebak di dalam perut, dan menyebabkan gangguan kesehatan; seperti mulas, gas, hingga sendawa.

  1. Sandwich keju dan kopi

Sandwich keju dan kopi biasanya jadi menu sarapan andalan. Alasannya, karena menu sarapan yang satu ini sangat praktis, dan bisa disantap di mana saja. Sayangnya, kombinasi keduanya tidak baik untuk kesehatan. Ini karena, karbohidrat sederhana yang ada di dalam roti bisa membuat kalsium sulit dicerna dengan baik. Pada akhirnya menyebabkan masalah pada sistem saraf dan kardiovaskular.

Penambahan kopi instan pada makanan tersebut juga akan memperparah kondisi kesehatan. Jika kamu masih tetap ingin mengonsumsi sandwich keju sebagai menu sarapan, kami sarankan untuk mengganti kopi dengan teh hijau.

  1. Susu dan pisang

Kombinasi yang satu ini cukup populer di penggiat gaya hidup sehat. Alih-alih menyehatkan, ternyata beberapa ahli gizi percaya bahwa buah-buahan yang memiliki cita rasa manis (seperti pisang) harus dikonsumsi secara terpisah dengan susu.

Kabarnya, jika susu dan pisang berada di dalam tubuh lebih lama, ia akan memperlambat sistem pencernaan. Karena itulah, para ahli gizi menyarankan kita untuk meminum susu dan pisang secara terpisah.