Tuesday, January 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Koes Plus Berduka Awal Tahun 2018

Kabar Duka Cita

Legenda sekaligus pengedor musik tanah air harus berduka, dimana sosok legenda personil Yon Koesyowo Koes Plus dikabarkan meninggal dunia pagi hari tadi, jumat (3/1/18).

Awal berita duka ini diketahui dari postingan Ryan Ekky Pradipta yang merupakan vokalis dari grup band D’Masiv, postingan dari akun instagram pribadinya sontak membuat semua orang kaget akan berita duka tersebut.

Ini merupakan postingan dari Ryan di akun instagram pribadinya :
“Innalillahi wa inalillahi rojiun, telah wafat dgn tenang, Musisi dan penyanyi KOESPLUS YON KOESWOYO (78) pagi ini Jumat 5 Jan 2018. Rumah Duka di Jl. Salak, Pamulang. Berdoa semoga dilapangkan jalannya pulang ke Rumah Tuhan di Surga ( berita duka dari Nomo Koeswoyo, Magelang ).. (foto ini di ambil beberapa tahun lalu saat om yon sedang di rawat di Rumah sakit) Al fatihah ..”

Koes Plus

 

Dalam postingan tersebut, Ryan terlihat sedang bersama dengan Yon Koeswoyo saat dirinya menjenguk dirumah sakit. Dan terlihat dari twitter banyak sekali ucapan duka cita untuk pria asal jawa timur ini.

Riwayat Yon Koeswoyo

Yon Koeswoyo merupakan anggota legendaris Koes Plus yang lahir pada 27 September 1940, dan Yon Koeswoyo juga dianggap sebagai pelopor musin Rock n Roll pada masanya.

Awal mula terbentuknya grup musik tanah air ini berawal dengan nama Koes Bersaudara dan dibentuk pada tahun 1969, dan diketahui jika grup band Rock n Roll ini berasal dari satu sekolah yang sama dan mereka merupakan akumnus SMK negri 1 Tuban, dengan beranggotakan Tonny Koeswoyo, Yon Koeswoyo, Yok Koeswoyo, Nomo Koeswoyo, Murry.

Pada masanya Koes Plus pernah dipenjara yang dikarenakan musiknya dianggap sebagai aliran yang memberikan gejolak didunia politik yang intinya memberikan seruan anti kapitalis di indonesia.

Perjalanan panjang ini membuat nama Koes Plus selalu ada dihati para pendengar musik pada saatnya, dan banyak lagu dari mereka yang dicover ulang oleh grup band baru, Nasip memang tidak memberikan takdir baik untuk grup band ini sampai nama besar yang mereka miliki di tanah air seperti yang di ungkapkan oleh Yon, jika nama besar mereka tidak sebanding dengan materi yang dimilikinya.

Pada tahun 1992 Koes Plus mendapatkan penghargaan “Legend Bast Award” atas pengabdiannya dibidang musik dan seni yang cukup lama dan dengan totalk 953 lagu yang dihimpun dalam 89 album.

“Selamat jalan Yon Koeswoyo, Karya dan pengabdianmu akan tetap selalu dikenang”