Thursday, October 1Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Klub Ini Menolak Bertanding Ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api

Imbas dari terbunuhnya suporter Persija oleh Suporter Persib Bandung terus terjadi dan kali ini sangat merugikan klub dari ibukota Jawa Barat yang sebenarnya sedang memimpin Liga 1 Indonesia musim 2018. Para calon lawan Persib sudah tidak mau datang ke Bandung lantaran jaminan keamanan yang diberikan oleh tim yang bermarkas di Stadion GLBA tersebut. Yang menolak untuk datang ke Bandung adalah tim dari Madura United yang sedang berada di papan atas Liga 1, mereka tidak mau mengambil resiko dengan datang ke kota Bandung dan bermain di GLBA.

Baru Madura United yang berani memberikan sikap tegas sekaligus kecaman pada tragedi tewasnya suporter Persija pada hari minggu lalu. Manajer Madura United, Haruna Soemitro mengusulkan kepada timnya untuk tidak melakukan laga tandang di stadion GLBA pada sabtu mendatang tanggal 29 September jika kasus yang sedang terjadi ini belum terselesaikan. Soemitro juga menegaskan, usulan tersebut diutarakan karena Madura United harus menunjukan respek pada keluarga Haringga, korban tewas tragedi di GLBA pada minggu lalu. Usulan tersebut dimaksudkan sebagai bukti jika respek tidak bisa dipisahkan dari lingkungan sekitar termasuk sepakbola.

Soemitro juga merasa tidak gentar dengan ancaman yang diterima Madura United jika sampai membatalkan partai pada hari sabtu nanti, termasuk ancaman pengurangan poin dan hukuman lain dari operator Liga 1 Indonesia. Soemitro beralasan jika laga Liga 1 tetap berjalan maka nilai respek itu tidak ada maknanya. Saat ini Madura United memang sedang bersaing ketat di papan atas Liga 1 Indonesia tertinggal delapan angka dari Persib Bandung yang bertengger di peringkat pertama sedangkan Madura United di posisi ke-4.

Namun Manajer Persib, Umuh Muchtar mengatakan bahwa Liga 1 dan pengusutan kasus ini bisa berjalan beriringan. Namun nampaknya tidak banyak yang setuju dengan pendapat Umuh karena Wakil Presiden saja setuju pada salah satu statement untuk menghukum Persib Bandung untuk tidak boleh berkompetisi di Liga 1 selama satu tahun. Dengan sisa 11 pertandingan ini, memang masih banyak yang akan terjadi dan PSSI harus mengambil langkah yang paling tepat demi kebaikan seluruh peserta Liga 1 Indonesia.