Wednesday, September 30Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kisah Kocak Paspampres Dalam Mengawal Kaesang, Si Bungsu Jokowi

Kisah Kocak Paspampres Dalam Mengawal Kaesang, Si Bungsu Jokowi

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memperoleh pengawalan khusus dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) tiap saat sejak dirinya diresmikan sebagai Presiden ke-7 RI. Tak hanya kepada Jokowi saja, pengawalan ketat pun juga selalu melekat pada anggota keluarga Jokowi yakni Iriana Jokowi, sebagai ibu negara, dan juga untuk ketiga anaknya, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan si bungsu Kaesang Pangarep.

Dengan begitu, Kaesang pun tetap harus dikawal oleh Paspampres setiap saat, walau dirinya kadang tak ingin dikawal.

Ada beberapa cerita lucu para Paspamres ketika menjaga Kaesang:

1. Harus sembunyi saat Kaesang Jalan-jalan Pribadi

Sebagai seorang anak muda, tentu Kaesang mempunyai berbagai kegiatan yang sifatnya pribadi. Ketika melakukan itu, dirinya meminta agar tidak dikawal oleh Paspampres agar bisa bebas pergi kemana saja.

Walaupun sudah diwanti-wanti, ternyata Paspampres  tetap membuntuti Kaesang. Salah satu anggota Paspampres, Angling Darmo, mengaku pernah ketahuan Kaesang saat dirinya diam-diam mengikuti Kaesang jalan-jalan. Bahkan, Kaesang pun mengambil potretnya dan menanyakan apa yang tengah dilakukan Angling.

“Walaupun Mas Kaesang akan jalan-jalan pribadi untuk pergi ke suatu tempat, namun kami pasti ada di belakangnya, walaupun Mas Kaesang tahu itu. Saya juga pernah ketahuan, waktu itu sedang di Solo mas Kaesang bilang ‘mas aku mau keluar’. Saya pun sembunyi-sembunyi ikutin, kebetulan Mas Kaesangnya moto,  nanya’ngapain mas?’” kisah Darmo beberapa saat lalu.

2. Harus Cek Lokasi

Angling pun juga mengatakan, tiap putra Jokowi memiliki kegiatan yang bertempat di luar kota, Paspampres terlebih dahulu harus mengecek wilayah tersebut. Ini merupakan upaya untuk memastikan kelayakan lokasi yang dikunjungi oleh putra Presiden. Terkadang, Kaesang pun menolak cara yang dilakoni Paspampres tersebut.

“Mengawal putra RI 1 tentu ada prosedur pengawalan. Sebelum kita tiba di lokasi tersebut tentunya ada wilayah untuk mengkoordinasikan apakah wilayah itu sudah layak atau belum. Tapi terkadang beliau justru tidak berkenan, tapi mau tidak mau ya pengamanan harus dilaksanakan,” tutur Angling.

3. Sosok Sederhana

Sebagai putra presiden, Kaesang adalah sosok yang sangat sederhana, dan tidak memanfaatkan jabatan sang ayah sebagai kepala negara.

“Beliau adalah seorang putra presiden namun tidak menggunakan embel-embel seperti itu. Dia seperti halnya orang biasa. Itu lyang saya kagumi,” ujar Anggota Paspampres lainnya.