Saturday, September 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kesalahan Macam Ini Yang Harus Dihindari Oleh Karyawan Baru

Kesalahan Macam Ini Yang Harus Dihindari Oleh Karyawan Baru

Menjadi seorang karyawan baru, kita dituntut untuk harus cepat beradaptasi. Sebab, situasi kantor yang lama dan kantor baru pasti mempunyai budaya bekerja yang berbeda.

Selain beradaptasi, ada hal-hal lain yang harus diperhatikan oleh kita sebagai karyawan baru, terutama dalam bersikap dan berinteraksi dengan orang-orang di kantor baru. Jangan sampai, perilaku dan sikap yang kita tunjukkan justru membuat mereka merasa tidak nyaman dengan kehadiran kita dan enggan untuk bekerja sama. Dalam hal ini, banyak dari kita sebagai karyawan baru yang melakukan kesalahan dalam bersikap.

Apa saja bentuk kesalahan yang patut kita hindari sebagai karyawan baru? Dikutip dari Marie Claire berikut daftarnya;

  1. Malu untuk bertanya

Ragu mengajukan pertanyaan tentang pekerjaan dampaknya akan terjadi kesalahan. Untuk menghindari kesalahan itu, Coaching & Leadership Training di lembaga NeuChem Amerika Serikat, Dominique Stillman menyarankan kita sebagai pemula tidak terlalu banyak ‘mengangguk’. Jika kita tidak mengerti, segera bicarakan dengan atasan.

“Kesalahan umum adalah kurangnya percaya diri untuk mengajukan pertanyaan, dan mengaku mengerti padahal tidak,” ucapnya. Dalam hal ini, bukan berarti kita tidak boleh selalu mengajukan pertanyaan, tetapi ajukan pertanyaan yang tepat untuk ditanyakan, pada waktu yang tepat, dan kepada orang yang tepat.

  1. Kurang percaya diri

Percaya diri adalah modal yang penting dalam dunia pekerjaan dan pengembangan karier. Meski masuk pada lingkungan kantor yang baru, bukan berarti kita harus merasa rendah diri. Justru itu tantangan kita untuk terus menjaga rasa percaya diri, asalkan kita tidak memilikinya secara berlebihan.

Walaupun cara ini sulit bagi kita yang memiliki sifat pemalu, itu perlu kita lawan. Karena saat ini sudah zamannya menyuarakan diri dan terlihat menonjol. Menurut Dominique, jika kita mampu bersikap percaya diri, kita akan cepat menyesuaikan diri dengan perusahaan tempat kita bekerja.

  1. Terlalu kritis

Pada masa menyesuaikan diri, tidak disadari kita akan memperhatikan banyak aspek di perusahaan itu termasuk rekan-rekan kerja. Tidak menutup kemungkinan kita juga akan menilai rekan kerja, misalnya rekan yang terlihat judes atau mengira bahwa atasan kurang menyenangkan. Nah, cobalah untuk mengontrol pikiran seperti itu, agar tidak terlalu cepat memberikan penilaian dan kritik.

“Jadi apa yang harus kita lakukan pada hari pertama adalah membawa energi positif. Jika apa yang kita pikirkan itu benar, ada saatnya kita menyampaikannya dengan cara yang benar dan pada orang yang tepat,” jelasnya.

  1. Memberikan kesan buruk saat berkenalan

Ya, sebagai anak baru terkadang kita merasa malu untuk berkenalan terlebih dahulu. Tetapi sebelum berkenalan dengan banyak rekan kerja, kita perlu memikirkan kesan seperti apa yang ingin kita dapatkan dari rekan-rekan kerja. Jangan sampai kita meninggalkan kesan buruk pada rekan kerja ketika kita baru mengenal mereka.

“Kita harus bersikap sopan dan memberikan kesan yang baik. Dengan cara seperti ini akan memberikan kemajuan untuk mengenal banyak rekan kerja dan menumbuhkan rasa percaya diri,” kata Dominique.

  1. Merasa harus lembur

Sebagai karyawan baru, terkadang ada rasa segan ketika kita pulang tepat waktu. Sebenarnya, tak ada salahnya kita pulang tepat waktu, apalagi jika aturan kantor yang mengharuskan kita bekerja delapan jam sehari. Namun, bila peraturan kantor mengatakan harus pulang sesuai dengan selesainya pekerjaan dan pekerjaan kita selesai lebih awal, tidak ada salahnya juga pulang lebih dulu.

“Seharusnya tidak salahnya jika pulang tepat waktu, terutama di lingkungan kantor yang non-shift,” ucapnya.

  1. Sok akrab

Sebagai karyawan baru kita harus bersikap cair pada lingkungan kerja, tetapi jangan sampai kita malah terlihat sok asyik dan sok akrab . Ketika menjadi karyawan baru bukan hanya kita saja yang beradaptasi, tetapi sebenarnya tim kerja kita juga melakukan adaptasi terhadap kita. Jadi, jangan terlalu bersikap santai dan terlalu cepat mengakrabkan diri dengan rekan kerja. Berilah ruang untuk saling menyesuaikan diri.

“Cobalah terlibat dalam diskusi dan tahu kapan harus mendengarkan, mengamati, dan memberikan pendapat. Mungkin suasana baru kurang nyaman bagi kita yang pemalu atau pendiam. Untuk menemukan cara agar merasa nyaman, kita bisa mendekatkan diri dengan rekan yang ramah dan membuat kita merasa nyaman,” tutupnya.

Jadi ladies, bila suatu saat kita menjadi karyawan baru, sudah tahu kan apa saja yang harus dihindari? Mengetahui cara bersikap yang benar di dunia kerja akan menentukan perkembangan karier Anda.