Saturday, September 26Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Keramas Idealnya Seminggu Berapa Kali? Ini Saran Dari Dokter

Keramas idealnya seminggu berapa kali? Ini pertanyaan yang banyak dipertanyakan, bahkan tidak terjawab dengan memuaskan. Anda tentu akan membersihkan rambut dengan shampo bukan, apalagi dengan adanya kondisioner akan semakin melembutkan rambut, namun sebaiknya perawatan rambut ini dilakukan berapa kali dalam seminggu, agar rambut tetap bersih, kuat dan tidak muda rontok.

Banyak wanita yang memutuskan keramas setiap harinya, untuk mengatasi rasa gatal dan rambut kering, namun apakah ini keputusan yang tepat. Mengingat ada banyak faktor yang menyebabkan kerusakan rambut, namun menurut dr. Sari Chairunisa Sp KK, dimana sudah mengenal dengan baik kondisi kulit kepala. Sebaiknya mulai sejak dini melakukan perawatan kulit kepala, jangan sampai menunggu terjadinya gangguan.

Pasalnya, ciri rambut sehat a dalah memiliki kulit kepala kering, tidak terdapat ketombe dan tidak terlalu banyak minyak. Selain itu, batang rambut juga berkilau dengan tekstur yang rata dan halus, sehingga membuat rambut terlihat lebih bercahaya. Siapa pun tentu ingin memiliki rambut seperti itu, namun sayangnya perawatan tidak tepat akan merusak rambut.

Jika Anda mendapati mulai adanya rambut bercabang dan terlihat kusam, maka ini ciri rambut tidak sehat dan akan mudah rontok nantinya. Maka mulai melakukan perawatan rambut secara rutin dan tidak boleh melewatkan memberikan nutrisi hingga kulit kepala, bahkan memberikan saran keramas idealnya dilakukan berapa kali dalam seminggu.

Baca juga : Polusi Udara Dapat Meningkatkan Risiko Diabetes, Ini Cara Mengatasinya

Setiap orang akan memiliki waktu keramas yang berbeda, ini tergantung jenis kulit. Jika memiliki jenis kulit kepala yang kering, bisa keramas 3 kali dalam seminggu. Hal ini juga berlaku untuk kulit rambut yang berminyak, namun jika sudah merasa tidak nyaman. Rambut sudah terasa lepek dan bau, bisa saja keramas setiap harinya, ini tergantung kondisi dan kebutuhan rambut Anda.

Namun ada juga yang mengatakan jika menggunakan hijab maka rambut akan mudah rontok karena tidak mendapatkan nutrisi dari sinar matahari dan selalu tertutup, maka dari itu dokter Sari menyebutkan, jika sedang melepaskan hijab sebaiknya rambut di gerai agar tetap bisa bernapas dengan baik.

Selain itu, saat setelah keramas sebaiknya tidak menggulung rambut dan menutupnya menggunakan hijab. Tunggu hingga agak kering, bisa menggunakan kipas yang lebih aman dari pada hair dryer. Memang bisa mengeringkan rambut dengan sempurna dan cepat, namun memberikan dampak jangka panjang yang kurang bagus. Untuk wanita berhijab, ada baiknya tidak menggulung rambut terus menerus, karena bisa menyebabkan lembab dan berketombe.

Gunakan juga perawatan rambut sesuai dengan jenis kulit, sehingga tidak perlu lagi ada pertanyaan keramas idealnya berapa kali dalam seminggu. Sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit, ini akan memberikan hasil yang berbeda. Namun sekarang ini, jika melihat banyak yang menyebutkan dua hari sekali, ini waktu yang paling tepat agar rambut tidak terlalu lepek dan kotor, namun jika setelah terkena hujan atau kotoran sebaiknya langsung cuci hingga keramas.

One Comment

Comments are closed.