Sunday, September 20Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kendaraan Bermotor Tidak Laku Di Negara Asalnya Ini

 

Kendaraan Bermotor Tidak Laku Di Negara Asalnya Ini

Jika kita tinggal di Jakarta, kita pasti sudah terbiasa dengan semrawutnya transportasi di Ibukota Indonesia. Memang Jakarta atau kita bisa lebih luas lagi membicarakan Jabodetabek saat ini sangat penuh sesak dengan kendaraan bermotor yang membuat para penggunanya menjadi pribadi yang sangat tidak disiplin sebagai imbas dari semrawutnya jalanan di Ibukota. Namun tahukah kamu kalau ada negara yang membuat sepeda motor tidak laku di negaranya. Dan justru negara itu merupakan negara yang menjadi markasnya salah satu produsen sepeda motor di seluruh dunia.

Ya anda benar sekali, Negara itu adalah Jepang tempat salah satu produsen sepeda motor bermarkas yaitu Honda, Yamaha dan Suzuki. Dan ternyata justru di negara ini banyak warganya yang tidak menggunakan sepeda motor dalam kegiatan sehari-hari mereka. Namun di Indonesia justru setiap hari kita bisa melihat mobil dan motor baru di jalanan di seluruh wilayah Indonesia khususnya di ibukota Jakarta.

Pembimbing perjalanan di Jepang, Chizuko Shimazaki mengatakan bahwa pengguna motor disini memang tidak banyak karena sulitnya mengurus SIM dan lahan parkir. Hal yang sama juga disampaikan oleh Global Communications Planning Department Nissan Motor Company, Dan Sloan. Menurutnya untuk mendapatkan lisensi atau Surat Izin Mengemudi di Jepang sangatlah sulit. DI jepang SIM harus dimiliki oleh orang yang membawa kendaraan mulai dari kapasitas mesin 50 cc dan semakin besar kapasitas mesin motor maka makin sulit untuk mendapatkan lisensi yang dimaksud.

Di Jepang jumlah motor dan mobil tidak sebanding karena di kota-kota besar banyak transportasi umum yang bisa menjadi pilihan. Transportasi mereka juga selalu tepat waktu karena gaya hidup masyarakat Jepang memang terkenal dengan kedisiplinannya. Sehingga dengan menggunakan transportasi umum maka mereka bisa sampai tujuan tepat waktu dan tidak perlu memikirkan biaya operasional dan perawatan jika harus memiliki kendaraan bermotor sendiri. Di kota-kota besar di Jepang banyak transportasi umum yang bisa dipilih mulai dari bus dan kereta, kini juga ada car sharing, sepeda listrik dan bahkan berjalan kaki. Hal itu pun membuat warga di kota Tokyo dan Yokohama menjadi enggan untuk memiliki kendaraan bermotor.