Saturday, August 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kenalilah Istilah-istilah Dan Jenis Gangguan Listrik Di Rumah

Kenalilah Istilah-istilah Dan Jenis Gangguan Listrik Di Rumah

Bagaimana rasanya apabila kita sedang membuat sesuatu di komputer kita tiba-tiba komputer kita mati atau restart, sementara pekerjaan kita belum kita save ? sedih tentunya.

Kejadian tersebut ( PC mati atau restart) merupakan suatu kejadian yang tidak bisa diprediksi, dan mempunyai sebab-sebab yang banyak sekali. Kali ini kita membatasi gangguan yang terjadi karena power komputer kita yang menjadi penyebabnya. Berbicara masalah gangguan listrik tidak hanya memikirkan kerusakan akan data yang kita miliki, tetapi juga alat-alat / hardware yang kita miliki juga bisa kena akibat buruknya.

Nah sobat semua, tak ada salahnya kan menambah pengetahuan. Kali ini soal sektor kelistrikan. PLN mengajak kalian mengenal jenis-jenis gangguan listrik, Apa saja ya kira-kira?

  1. Power Failure/outages

Power Failure atau outages sumber listrik utama mati. Penyebabnya mungkin karena korsleting atau hubung singkat, sumber listrik kelebihan beban, peralatan listrik ada yang rusak, bisa juga karena adanya bencana alam.

  1. Power SAG

Yaitu tegangan listrik yang turun dalam waktu sesaat sampai dengan dibawah 80-85% dari tegangan normal. Penyebabnya adanya startup beban pada peralatan listrik atau elektronik yang cukup besar.

3. Power Surge / Spike

Yaitu tegangan listrik yang naik dalam waktu sesaat sampai dengan di atas 110% dari tegangan normal. Penyebabnya biasanya yaitu pada saat kita mematikan beban yang sangat berat atau bisa juga jaringan listrik terkena petir.

  1. Undervoltage

Dikenal juga dengan istilah atau nama BrownOut. Yang mana terjadi saat tegangan listrik turun atau berkurang dalam waktu beberapa lama bisa hitungan menit, sampai hitungan hari . Penyebabnya beban listrik yang berlebihan sehingga pasokan listrik berkurangi atau adanya beban pada saat baban puncak misal malam hari.

  1. Overvoltage

Hal ini kebalikan dari undervoltage.

  1. Electrical Line Noise / Common Mode Disturbances

Gelombang listrik yang terganggu sehingga bentuk gelombangnya tidak bersih tetapi seperti berambut. Hal ini terjadi karena adanya gangguan frekuensi radio, petir, Neutral-Grounding pada instalasi listrik jelek. Atau bisa juga disebabkan oleh peralatan listrik ataupun elektronik yang menghasilkan frekuensi yang tinggi.

  1. Frequency Variation

Adalah frekuensi listrik yang selalu berubah-ubah.

  1. Switching Transient

Turunnya tegangan secara tiba-tiba dalam waktu atau kisaran beberapa nanosecond atau nano detik.

  1. Harmonic Distortion

Gelombang listrik yang terdistorsi sehingga menyebabkan gelombang listriknya kacau atau tidak sinusoidal lagi.