Wednesday, September 26Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kenali Tempat Tidur Terdeteksi Keberadaan Kutu Kasur

Bagaimana rasanya tidur setiap hari bersama kutu kasur? Anda tentu akan merasa ngeri dan tidak percaya jika ada serangga merugikan di tempat tidur, padahal digunakan setiap malam untuk beristirahat. Ternyata hewan kecil ini memang ada dan selalu mengigiti kulit setiap malam, dimana Anda rasakan sebagai gatal-gatal.

Kulit terasa gatal memang karena beberapa hal, bisa jadi kebersihan tubuh kurang terjamin karena belum mandi, mengalami alergi dan kebersihan di lingkungan sekitar. Tempat tidur yang nyaman dan bersih tentu akan membuat waktu istirahat menjadi lebih berharga, bahkan bisa bangun tidur dengan kondisi lebih segar, bugar dan bersemangat.

Jangan sampai gara-gara kutu kasur Anda tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, bangun dengan penuh gerutuan akibat rasa gatal berlebih dan tidak bisa beraktivitas dengan bersemangat. Hal ini tentu harus dihindari, hal utama yang harus diperhatikan adalah keberadaan kutu dan cara mengatasinya.

3 Tanda Utama Terdapat Kutu Kasur di Tempat Tidur

  1. Adanya Bercak Hitam di Pojok Sprei dan Sarung Bantal

    Ini cara mendeteksi kutu kasur paling cepat, lihat di bagian pojok atau ujung yang tersembunyi, biasanya akan terdapat bercak hitam atau cenderung gelap. Inilah tempat paling di sukai kutu untuk bersembunyi, berkembang biak dan bertambah banyak. Biasanya memang ada di tempat tidur yang berwarna gelap dan terdapat di lipatan kecil sehingga tidak mudah terlihat saat di cuci.

    Cara mengatasinya, bersihkan langsung, jika memang sudah membandel cuci bersih dan sikat di bagian bercak hitam hingga hilang. Bila perlu tambahkan cairan disinfektan yang akan membunuh serangan dan kutu secara menyeluruh dan ada baiknya mengganti spei dan sarung bantal maksimal sebulan sekali agar tidak menjadi sarang berkembangnya kutu busuk.

    Baca juga : Cara Mudah Merawat Kulit BerJerawat di Musim Panas

  2. Waspada Tempat Umum Untuk Tidur

    Anda sering bepergian ke luar kota dan menginap di hotel, hati-hati dengan kasur yang disediakan. Ada baiknya meminta sprei dan sarung bantal yang baru dan jika bisa berwarna putih, ini warna yang tidak disukai kutu kasur untuk berkembang.

    Selain itu, hotel adalah tempat tinggal banyak orang dan setiap harinya bisa ditempati banyak orang dengan kondisi yang berbeda. Ada baiknya, membawa alas tidur sendiri, misalkan kain atau selimut untuk menutupi bagian kasur, sehingga tidak akan terkena ganggu kutu dan merasa gatal saat bangun di pagi hari.

  3. Terlalu Banyak Kotoran di Kasur

    Hindari kebiasaan buruk dengan membuang atau meletakkan banyak barang di atas kasur, apalagi sisa makanan atau snack. Ini akan memancing kedatangan kutu dan berkembangbiak, hal kecil ini tidak banyak disadari, bahkan sudah menjadi kebiasaan buruk yang dilakukan setiap harinya. Bahkan kasur akan dibersihkan secara menyeluruh setiap seminggu sekali.

    Cara mengatasinya, biasanya untuk meletakkan kembali barang ditempatnya. Anda tentu sudah mengelompokkan tempat untuk tas, sepatu dan pakaian. Jika memang akan membawa makanan di dalam kamar, usahakan diletakkan di meja dan tidak membawanya ke kasur dan meninggalkan bekas sisa makanan nantinya.

Mudah bukan untuk mendeteksi keberadaan kutu kasur dan cara mengatasinya, hal utama yang harus diterapkan adalah menjaga kebersihan dan terapkan kedisiplinan. Ini memang gangguan kecil, namun jika dibiarkan dalam jangka panjang, bisa mengakibatkan penyakit serius dan mengganggu keseharian nantinya.

 

Related Post

10 CEO Terseksi Ini Bakal Bikin Laki-laki Terperan... Memimpin sebuah bisnis besar atau korporasi bukan urusan yang gampang. Padatnya berbagai aktifitas membuat tenaga dan pikiran praktis terkuras. Tapi b...
Cewek Pendek Lebih Susah Menurunkan Berat Badan Cewek pendek, sudah jelas ini menjadi sebuah kekurangan. Dimana harus bisa ditutupi dengan tepat, agar bisa mengubah kekurangan menjadi sebuah kelebih...
Emmy Awards 2018, Catatkan Sejumlah Artis Pendatan... Emmy Awards 2018 memang akan digelar pada 12 September 2018 mendatang, namun Samira Wiley dan Ryan Eggold sudah mengumumkan siapa saja nominasi untuk ...
Mengapa Mantan Presiden Sudah Tidak Perlu Lagi Men... Kamu tahu siapa saja nama Presiden Republik Indonesia dari yang pertama sampai yang terakhir ini. Pasti mudah menyebutkan nama Presiden pertama yait...

2 Comments

Comments are closed.