Saturday, August 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kenali Risiko Alami Tekanan Darah Tinggi di Usia Muda

Setiap datang ke dokter Anda akan diperiksa tekanan darah, apakah normal atau lebih rendah bahkan bisa jadi lebih tinggi. Ternyata masalah kesehatan yang dianggap remeh namun menimbulkan risiko kematian adalah tekanan darah tinggi.

Bahkan menurut penelitian yang sudah dilakukan di Colorado, terbukti jika wanita lebih rentan mengalami serangan tekanan darah tinggi dari pada laki-laki. Hal ini karena memiliki tingkat stres yang tinggi dan kelelahan dengan rutinitas sehari-hari yang padat.

Mengapa bisa tekanan darah di atas normal bisa mengakibatkan kematian? Hal ini karena menjadi pintu gerbang masuknya penyakit mematikan dan belum ada obatnya, seperti penyakit jantung, stroke dan penyakit yang bisa mengakibatkan serangan hingga berakhir kemarin.

Jangan langsung bingung terlebih dahulu, apalagi wanita yang memiliki risiko tekanan darah tinggi lebih besar. Ternyata ada ciri khusus dimana ini bisa dijadikan patokan untuk melihat kondisi tubuh, apakah normal atau dalam kondisi tidak baik-baik saja.

5 Tanda Anda Mengalami Risiko Tekanan Darah Tinggi Lebih Besar

  1. Mengalami Penurunan Fokus 

    Anda merasa kini sulit mendapatkan fokus dan cenderung pelupa, hal ini akibat tekanan darah tinggi. Memang tidak mengalami gejala sakit seperti pusing atau mual, inilah yang membuat kondisi semakin parah dan berujung serangan penyakit mematikan secara mendadak, sehingga bisa terjadi kematian.

  2. Sering Pusing Hingga Sakit Kepala Hebat

    Normal saja Anda mengalami pusing, akibat banyak kerjaan dan tuntutan setiap harinya. Bahkan bisa jadi konsumsi makanan dengan suhu berbeda secara bersamaan, namun jika penderita tekanan darah tinggi, biasanya disertai dengan sakit kepala hebat dan tidak tertahankan.

    Anda tentu akan mengkonsumsi obat sakit kepala, hati-hati dalam konsumsi obat, awalnya memang sesuai dosis namun setelah tidak mempan Anda sendiri yang meningkatkan dosis agar sakit kepala hilang, padahal ini berdampak buruk.

    Baca juga : http://www.ulasandunia.com/kenali-gejala-premenopause-usia-dini-pada-wanita-dewasa/

  3. Penurunan Penglihatan 

    Anda tidak punya riwayat mengalami minus, sehingga tidak perlu menggunakan kacamata, namun akhir ini mengalami kesulitan dalam penglihatan bahkan sering terjadi kabur. Jangan buru-buruk menyimpulkan mengalami sakit mata, karena bisa jadi tekanan darah tinggi membuat penglihatan kurang bagus.

  4. Perut Kembung Hingga Mual

    Hal ini bukan karena makan atau minum yang salah, namun Anda mengalami gejala tekanan darah tinggi yang sudah mengarah pada penyakit serius, seperti diabetes dan batu ginjal. Ini bukan hanya terjadi akibat keturunan saja, namun ada yang memicu seperti tekanan darah di atas normal.

    Anda akan mengalami gangguan sulit buang air kecil, bahkan ini membuat perut menjadi terasa berat dan kembung dalam jangka panjang. Ada baiknya untuk konsumsi buah dan sayur, sehingga tubuh memiliki banyak serat untuk mengeluarkan isi perut yang tidak sehat.

  5. Tekanan Darah di Atas 130/80

    Ini sudah jelas jika Anda mengalami tekanan darah tinggi, pemeriksaan rutin akan membuat Anda menjadi lebih baik. Jangan takut jika memang di diagnosa mengalami penyakit serius, semakin cepat penanganan dari dokter maka peluang untuk sembuh semakin besar.

Jadi risiko mengalami tekanan darah tinggi bukan hanya terjadi pada usia di atas 40 tahun, namun kini banyak usia produktif bahkan cenderung masih muda mengalami gangguan tersebut. Ini akibat gaya hidup tidak sehat, serta konsumsi makanan siap saja dalam jangka panjang terus menerus.