Wednesday, October 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kenali Gejala Premenopause Usia Dini Pada Wanita Dewasa

Menstruasi adalah siklus bulanan yang normal didapatkan perempuan usia 10 hingga 45 tahun, dimana darah yang dikeluarkan mengandung kotoran, bakteri dan kuman. Setelah memasuki usia 50 tahun, wanita akan mengalami masa menopause. Namun kini sudah banyak wanita dewasa usia 30 tahun mengalami gejala premenopause, apakah ini berbahaya?

Berhentinya siklus bulanan menstruasi akan mengawali terjadinya penuaan bahkan terjadi beberapa penurunan fungsi organ tubuh, hal ini karena hormon tidak berproduksi sesuai kebutuhan. Namun apa yang terjadi sekarang, banyak wanita muda mulai mengalami premenopause, tanda disadari sudah terbilang berbahaya.

5 Gejala Utama Wanita Sudah Memasuki Premenopause

  1. Bau Badang Tercium Lebih Tak Sedap

    Beberapa orang memang memiliki masalah dengan bau badan, wanita bahkan setelah mandi dan menggunakan parfum terasa lebih bau saat menstruasi. Namun memasuki fase premenopause, suhu tubuh akan mengalami peningkatan, inilah yang menjadi penyebab bau badan semakin tak sedap.

  2. Mulai Tumbuh Rambut Halus di Wajah

    Hal ini sebenarnya aneh, wanita tidak akan mengalami pertumbuhan rambut halus seperti laki-laki. Namun jika Anda sudah menemukan adanya rambut yang tumbuh di sekitaran wajah, seperti kumis, di dagu atau sekitaran wajah seperti brewok. Maka sudah ada tanda penurunan kondisi tubuh dan bersiaplah menghadapi fase premenopause.Baca juga : Kenali Bau Amis Pada Darah Menstruasi

  3. Sulit Menahan Buang Air Kecil

    Memang benar Anda tidak boleh menahan buang air kecil, namun anehnya setiap kali minum, jeda beberapa menit langsung ingin buang air kecil. Bahkan jika Anda amati, air seni yang keluar warnanya cenderung bening seperti air.

    Hal ini karena otot-otot pelvic floor yang ada di kandung kemih semakin melemah, ini membuat menipisnya lapisa uretra. Bisa juga akibat penurunan jumlah kadar esterogen dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan terjadinya Stress urinary incontinense (SUI), Anda akan kesulitan bahkan hilang kontrol untuk mengendalikan buang air kecil.

  4. Semakin Sering Mengalami Lupa

    Hal utama yang memengaruhi hormon premenopause adalah stres berkepanjangan dan tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Ini akan membuat terjadinya penurunan konsentrasi dan sulit untuk fokus dalam satu hal, bahkan Anda akan lebih banyak mengalami lupa, meskipun baru saja melakukan hal tersebut.

  5. Insomnia

    Ini sebenarnya hal yang bisa Anda sembuhkan sendiri, seseorang mengalami gangguan kesulitan tidur karena buruknya kebiasaan hidup, pola makan berantakan dan juga terlalu banyak menggunakan gadget. Jika memang mengalami kesulitan tidur di malam hari, coba untuk buat kesibukan agar capek dan bisa tidur lebih tenang.

Pasalnya wanita yang memiliki waktu tidur lebih pendek, yaitu kurang dari 5 jam, akan mengalami gangguan menopause lebih cepat. Jika memang gejala premenopause hampir semua Anda alami, maka bisa dalam hitungan beberapa tahun ke depan di pastikan mengalami menopause dini dan sudah tidak dapat memiliki keturunan kembali.

Related Post

Forbidden City Kini Mulai Membatasi Jumlah Kunjung... Forbidden City atau kota terlarang memang destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke Beijing, China. Ini merupakan tempat berseja...
Seram! Ini 3 Kisah Mengerikan yang Terjadi Setelah... Pernah mendengar mengenai viagra? Obat kuat satu ini sebenarnya tak asing lagi di banyak kalangan. Para pria, bahkan di Indonesia sekalipun sering kal...
Dua Seniman Berhasil Menciptakan Seni Yang Menakju... Dua orang seniman asal inggris yang sudah cukup memiliki nama di negaranya menciptakan lagi sebuah karya yang sangat brilian. Namun sebelum kita bah...
Wanita Ini Membuat Para Pria yang Suka Bermalas-ma... Anak-anak muda saat ini lebih  sering dianalogikan sebagai generasi manjayang memang sangat terlihat dari sebagian besar perilakunya saat ini. Namun...

One Comment

Comments are closed.