Tuesday, June 2Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kehidupan Para Milenial Di Megacity Berdasarkan Data SCG Indonesia

Kehidupan Para Milenial Di Megacity Berdasarkan Data SCG Indonesia

Megacity adalah istilah bagi kota-kota besar dengan populasi penduduk yang banyak dan terus berkembang. Jakarta menjadi salah satu megacity di Asia dan dunia. SCG melihat kunci pembangunan berkelanjutan yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat terlihat pada infrastruktur yang berpengaruh positif terhadap lingkungan sosial masyarakat.

SCG sebagai salah satu konglomerat bisnis terkemuka di ASEAN turut memberikan inovasi dalam pembangunan Megacity. Berkaitan dengan perkembangan megacity di seluruh ASEAN ini, SCG turut serta dalam pembangunan berkelanjutan untuk dapat memberikan kehidupan yang lebih baik di beberapa megacity di Indonesia.

Siam Cement Group (SCG) memperkenalkan konsep megacity untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat urban di tengah gencarnya pembangunan infrastruktur di kota-kota besar seperti Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia. Konsep megacity ini dikenalkan di acara bertajuk Construction Talk 2018 : Better Living in Megacity yang digelar di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Konsep megacity ini mengacu pada upaya bagaimana menciptakan keseimbangan pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dan berkelanjutan. Construction Talk 2018 bahkan telah menggaris bawahi pentingnya pembangunan sosial dan juga lingkungan sebagai tantangan terbesar di megacity.

Daliana Suryawinata, Co-Founder SHAU di Rotterdam dan Bandung yang menjadi pembicara di acara ini membagikan pengetahuannya tentang desain bangunan yang mampu membawa dampak sosial kepada masyarakat sekitar. Dia menyatakan, ruang terbuka publik berperan penting dalam pembangunan di kota-kota besar. Karena itu ruang terbuka publik yang terancang dengan baik dan seksama akan meningkatkan kualitas hidup penduduk kota.

“Ruang Terbuka Publik adalah hak dari setiap orang, namun seringkali dilupakan. Ruang terbuka publik yang dirancang dengan strategis dan indah akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan berdampak pada kota yang lebih bahagia dan sehat. Semakin besar kota, semakin besar pula permintaan untuk mengintegrasikan ruang terbuka publik dengan kehidupan perkotaan,” ungkap Daliana.

Sementara, Sigit Kusumawijaya, Direktur Sigit.Kusumawijaya atau SIG, perusahaan arsitektur dan urban design, membagikan pengetahuannya tentang ruang terbuka hijau dan pertanian di perkotaan (urban farming). “Konsep bangunan hijau terus berkembang seiring berkembangnya tantangan setiap harinya. Desain hijau yang baik sebenarnya lebih dari sekedar nilai estetika namun lebih kepada fungsinya sebagai sarana untuk mengatasi permasalahan lingkungan,” ungkap Sigit Kusumawijaya.

Disebutkan, kemajuan ekonomi Indonesia beberapa tahun terakhir telah mendorong pembangunan yang masif di berbagai sektor, khususnya di kota-kota besar. Berdasarkan data, Jakarta kini tidak lagi menjadi satu-satunya megacity di Indonesia karena kota lain seperti Surabaya diprediksi akan menyandang predikat yang sama di tahun 2020.

Pembangunan pesat yang memang akan terjadi di megacity, di satu sisi memberikan  keuntungan yang sangat luas namun di sisi lain juga akan membawa tantangan sosial dan juga lingkungan yang pasti berdampak pada kualitas hidup penduduknya. Data World Bank menyatakan, ruang terbuka publik sangat penting dan memiliki dampak besar bagi kualitas hidup penduduk kota dan pengembangan diri mereka.

Nantapong Chantrakul, Country Director SCG Indonesia menyatakan, setiap area dan ruang publik di kota harus dirancang secara seksama untuk mengakomodasi kebutuhan sosial masyarakat yang terus bertumbuh sambil menawarkan solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan. Sejalan dengan semangat “Passion for Better”, pihaknya selalu melakukan inovasi untuk menghadirkan solusi yang mampu mengimbangi kebutuhan yang terus berubah dan mampu menyelesaikan tantangan di masa depan.

Dia juga menyebutkan,  di Indonesia SCG telah terlibat secara langsung dalam pembangunan infrastruktur skala besar seperti MRT Lebak Bulus – Bundaran HI dan LRT Jabodebek. Beberapa solusi yang telah ditawarkan dalam Construction Talk 2018 adalah formula intensif SCG Super Semen yang memberikan kemampuan hebat dan juga hasil yang lebih banyak dengan pencampuran bahan yang lebih sedikit.

Ditawarkan pula produk Jayamix Marine Concrete yang dirancang khusus untuk bangunan di lingkungan perairan. “Selama lebih dari 100 tahun menjalankan bisnis, SCG sudah berperan dalam pembangunan berbagai kota besar di seluruh ASEAN. Kami menemukan fakta bahwa salah satu kunci sukses untuk membangun kota yang berkelanjutan terletak pada kemampuannya menemukan keseimbangan dalam pembangunan infrastruktur, sebagai dampak dari kemajuan ekonomi yang pesat, dengan pembangunan sosial dan lingkungan alam.” ungkap Nantapong Chantrakul.