Sunday, August 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kegiatan Kecil yang Memicu Penyebaran Bakteri Berlebih

Kegiatan Kecil yang Memicu Penyebaran Bakteri Berlebih

Rumah yang bersih akan membuat semua anggota keluarga merasa nyaman dan betah, namun secara tidak sengaja banyak orang melakukan kegiatan kecil yang membuat pertumbuhan bakteri semakin banyak.

Hal ini memang tidak merugikan atau menjijikkan, namun menjadi sarang perkembangan bakteri yang tidak Anda sadari hingga sekarang. Bahkan bakteri akan menyebar hingga tempat tidur dan menyebabkan sakit, padahal sudah membersihkan rumah setiap harinya.

Anda tidak akan menyangka, jika beberapa kegiatan kecil yang biasanya dilakukan ini memicu penyebaran bakteri dalam jumlah tidak terkontrol di rumah. Bahkan ini tidak termasuk dalam kegiatan buruk yang harus dihentikan.

5 Kebiasaan Kecil Memicu Bakteri Menyebar Ke Seluruh Rumah

1. Memakai Handuk Kertas

Banyak orang membersihkan rumah dengan menggunakan handuk kertas, ini memang cara cepat dan habis pakai. Namun bisa menyelesaikan pekerjaan rumah dengan cepat. Seperti mengeringkan perabotan rumah yang sudah di cuci, membersihkan kaca dan menghilangkan goresan.

Baca juga: Tips Memilih Air Minum Terbaik Untuk Kesehatan

Ternyata, kain dari kertas yang menggunakan microfiber tersebut bisa menghilangkan bakteri dengan cepat, tetap di celah-celahnya bisa membuat bakteri berkembang lebih banyak. Maka dari itu, mulai sekarang hindari bahan habis pakai, gunakan saja handuk kain yang bisa di cuci ulang setelah kotor bekas digunakan.

2. Semprotan Pembersih Kaca

Akan lebih mudah membersihkan kaca dengan larutan pembersih kaca, ukurannya cukup besar sehingga Anda memilih menggunakan semprotan untuk mempermudah. Jika sedang membersihkan kaca, setelah disemprot segera di lap kering. Bagaimana bakteri bisa berkembang, ini karena tetesan air pembersih kaca, sehingga bakteri bisa berkembang di sela kaca.

3. Spons Cuci Piring

Agar lebih mudah membersihkan noda membandel di piring, Anda menggunakan spons pembersih kaca. Bahkan saat sudah berwarna hitam sekalipun masih saja digunakan, ada baiknya spons yang di pakai segera di bersihkan.

Kenapa? Karena ini sudah digunakan untuk membersihkan kuman dan bakteri, dimana kotoran tersebut pindah ke spons. Jika tidak dibersihkan maka bakteri akan berkembang dalam jumlah banyak, sehingga tidak akan bisa lagi membersihkan malahan menyebarkan bakteri ke penjuru rumah.

4. Tidak Menutup Pintu Mesin Cuci

Ini kebiasaan yang menurut banyak orang tidak jorok, pasalnya setelah mesin cuci digunakan akan basah dan harus dikeringkan agar awat. Namun tidak mengharuskan membuka tutup mesin cuci sepanjang hari bukan, ternyata di sini sarang bakteri berkembang dan menyebar.

Mengapa bisa demikian? Saat mencuci, Anda membersihkan pakaian dari kuman, jamur, bakteri dan kotoran. Kebanyakan mesin cuci tidak di bilas kembali dan hanya dibiarkan begitu saja. Ini salah, karena bakteri akan tetap menempel dan bisa berkembang biak, tutup mesin cuci yang terbuka akan menyebarkan bakteri tersebut.

5. Tidak Pernah Membersihkan Ponsel

Anda tentu menggunakan smartphone setiap harinya, bahkan tidak lepas dari tangan sedetik pun. Pernah melihat ada kotoran, debu dan kuman. Ini tentu saja Anda abaikan begitu saja, kini banyak penyakit yang timbul karena terlalu banyak memegang ponsel. Hal ini karena smartphone tidak pernah di cuci dan di bersihkan, maksudnya Anda bisa membersihkan di celah celah yang bisa menjadi sarang bakteri berkembang. Selain itu, Anda juga lebih banyak menempelkan ponsel di wajah, bisa jadi ini menimbulkan iritas pada kulit.

Banyak orang melakukan kegiatan ini bahkan hingga sekarang, memang tidak akan ada gangguan untuk orang dewasa. Namun saat memiliki anak kecil yang rentan terhadap penyakit, sudah pasti akan mengalami banyak gangguan dari penyebaran bakteri tersebut. Ini kegiatan kecil yang bisa Anda hilangkan mulai sekarang.