Monday, November 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kecanduan Rokok, Ada Makanan Yang Bisa Mengurangi Keinginan Merokok

Kecanduan Rokok, Ada Makanan Yang Bisa Mengurangi Keinginan Merokok

Merokok memang kegiatan yang sangat buruk, hal ini bukan hanya merugikan diri sendiri namun juga orang di sekitar. Namun sayang, jumlah perokok aktif di usia produktif selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, bahkan kini rokok tidak hanya dinikmati oleh kaum adam saja. Banyak wanita yang mulai merokok, padahal risiko perempuan yang merokok itu lebih besar bahkan hingga tidak bisa hamil.

Maka dari itu, di Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau lebih banyak diperingati sebagai World No Tobacco Day (WNTD) yang selalu diperingati pada hari ini, 31 Mei 2018. Di kampanyekan kembali, bahaya konsumsi rokok, bukan hanya untuk perokok itu sendiri melainkan orang di sekitarnya. Karena perokok pasif lebih banyak mendapatkan kerugian.

Mengalami kecanduan setelah merokok pertama kalinya, memang sulit untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Meskipun ini menyakiti diri sendiri, namun sebagian besar perokok tidak bisa meninggalkan kebiasaan merokok, sekalipun hanya satu batang saja untuk melegakan keinginan tersebut.

Kini sudah ditemukan beberapa jenis makanan yang terbukti bisa menghilangkan keinginan untuk merokok, bahkan hasrat ini tergantikan tanpa harus mendapatkan tekanan kuat atau menyiksa diri sendiri.

4 Jenis Makanan Bisa Menghalau Keinginan Merokok

1. Teh

Minuman yang banyak di konsumsi masyarakat Indonesia ini terbukti bisa mengurangi keinginan untuk merokok, namun bukan teh seperti kebanyakan yang manis. Melainkan teh hijau atau teh hitam yang rasanya cukup pahit, tetapi bagi perokok tidak akan merasakan pahitnya, bahkan menikmati dengan santai dan nyaman.

Baca juga: Sikap Tegas Untuk Perokok dan Rokok Elektrik di Singapura

Di dalam teh yang di seduh, terdapat kandungan katekin berkonsentrasi tinggi, ini terbilang aman sekalipun di konsumsi setiap harinya. Selain itu adanya senyawa flavanoid, ini akan membantu mengurangi keinginan merokok, bahkan Anda akan lupa apakah sudah merokok hari ini atau tidak.

2. Licorice

Ini merupakan tanaman herbal yang cocok di konsumsi pecandu rokok, bahkan yang sudah mengkonsumsi rokok sejak remaja. Bahan herbal yang terdapat anti radang tersebut bisa mengurangi keinginan merokok secara alami.

Licorice rasanya manis dan nyaman di konsumsi setiap harinya, rasa manis inilah yang akan mengurangi keinginan merokok, bahkan bisa memuaskan hasrat untuk menghisap nikotin. Rasa manis inilah yang bisa mengurangi rasa kecanduan, bahkan cocok untuk mengganti rokok.

3. Sayuran

Pola hidup sehat akan membuat Anda bebas dari rokok, maka dari itu mulai konsumsi sayuran hijau seperti brokoli, kembang kola tau bok choy. Ini memang tidak akan mengurangi keinginan merokok, namun bisa melindungi risiko kanker paru-paru. Terdapat senyawa isothiocyanat yang bisa mencegah aktifnya dan perkembangan sel kanker.

4. Susu

Banyak penelitian menyebutkan, jika susu bisa dengan efektif menghilangkan kebiasaan merokok. Ini paling cocok diberikan pada anak muda yang baru mencicipi nikotin, dimana setelah minum susu dan merokok. Mulut akan merasa hambar dan kandungan manis rokok tidak akan terasa, ini bisa dilakukan setiap kali muncul keinginan untuk merokok.

Ternyata bukan hal sulit untuk lepas dari jerawat kecanduan nikotin, ini bukan hanya membebaskan diri dari penyakit. Melainkan bisa menyayangi orang di sekitar, pasalnya dengan Anda merokok akan menebarkan penyakit dan risiko kematian lebih tinggi pada orang sekitar.

Related Post

GoPro Segera Luncurkan Tiga Kamera Baru Budget Mir... Gopro nampaknya dalam waktu dekat akan segera meluncurkan produk terbarunya, jika banyak produsen hanya akan merilis satu produk saja, namun kini seng...
Cantik Ala Wanita Jepang, Dapatkan Resep Kuno Raha... Cantik ala wanita jepang memang terlihat sangat natural, hal ini karena memang menggunakan perawatan asli dari alam. Sehingga banyak produk perawatan ...
Bobotoh Iri Pada Sanksi Yang Diterima Arema Dari P... 13 Komite Disiplin (Komdis) PSSI mengumumkan sanksi hukuman yang dijatuhkan kepada Arema FC, setelah adanya pelanggaran disiplin saat laga Arema kont...
Game of Thrones, Rajai Emmy Awards 2018 Dengan 22 ... Game of Thrones  memang terbukti sebagai drama series terlaris di dunia, pasalnya dalam ajang Emmy Awards 2018 mendapatkan nominal paling banyak dan d...

One Comment

Comments are closed.