Wednesday, September 26Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kecanduan Rokok, Ada Makanan Yang Bisa Mengurangi Keinginan Merokok

Kecanduan Rokok, Ada Makanan Yang Bisa Mengurangi Keinginan Merokok

Merokok memang kegiatan yang sangat buruk, hal ini bukan hanya merugikan diri sendiri namun juga orang di sekitar. Namun sayang, jumlah perokok aktif di usia produktif selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, bahkan kini rokok tidak hanya dinikmati oleh kaum adam saja. Banyak wanita yang mulai merokok, padahal risiko perempuan yang merokok itu lebih besar bahkan hingga tidak bisa hamil.

Maka dari itu, di Hari Tanpa Tembakau Sedunia atau lebih banyak diperingati sebagai World No Tobacco Day (WNTD) yang selalu diperingati pada hari ini, 31 Mei 2018. Di kampanyekan kembali, bahaya konsumsi rokok, bukan hanya untuk perokok itu sendiri melainkan orang di sekitarnya. Karena perokok pasif lebih banyak mendapatkan kerugian.

Mengalami kecanduan setelah merokok pertama kalinya, memang sulit untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Meskipun ini menyakiti diri sendiri, namun sebagian besar perokok tidak bisa meninggalkan kebiasaan merokok, sekalipun hanya satu batang saja untuk melegakan keinginan tersebut.

Kini sudah ditemukan beberapa jenis makanan yang terbukti bisa menghilangkan keinginan untuk merokok, bahkan hasrat ini tergantikan tanpa harus mendapatkan tekanan kuat atau menyiksa diri sendiri.

4 Jenis Makanan Bisa Menghalau Keinginan Merokok

1. Teh

Minuman yang banyak di konsumsi masyarakat Indonesia ini terbukti bisa mengurangi keinginan untuk merokok, namun bukan teh seperti kebanyakan yang manis. Melainkan teh hijau atau teh hitam yang rasanya cukup pahit, tetapi bagi perokok tidak akan merasakan pahitnya, bahkan menikmati dengan santai dan nyaman.

Baca juga: Sikap Tegas Untuk Perokok dan Rokok Elektrik di Singapura

Di dalam teh yang di seduh, terdapat kandungan katekin berkonsentrasi tinggi, ini terbilang aman sekalipun di konsumsi setiap harinya. Selain itu adanya senyawa flavanoid, ini akan membantu mengurangi keinginan merokok, bahkan Anda akan lupa apakah sudah merokok hari ini atau tidak.

2. Licorice

Ini merupakan tanaman herbal yang cocok di konsumsi pecandu rokok, bahkan yang sudah mengkonsumsi rokok sejak remaja. Bahan herbal yang terdapat anti radang tersebut bisa mengurangi keinginan merokok secara alami.

Licorice rasanya manis dan nyaman di konsumsi setiap harinya, rasa manis inilah yang akan mengurangi keinginan merokok, bahkan bisa memuaskan hasrat untuk menghisap nikotin. Rasa manis inilah yang bisa mengurangi rasa kecanduan, bahkan cocok untuk mengganti rokok.

3. Sayuran

Pola hidup sehat akan membuat Anda bebas dari rokok, maka dari itu mulai konsumsi sayuran hijau seperti brokoli, kembang kola tau bok choy. Ini memang tidak akan mengurangi keinginan merokok, namun bisa melindungi risiko kanker paru-paru. Terdapat senyawa isothiocyanat yang bisa mencegah aktifnya dan perkembangan sel kanker.

4. Susu

Banyak penelitian menyebutkan, jika susu bisa dengan efektif menghilangkan kebiasaan merokok. Ini paling cocok diberikan pada anak muda yang baru mencicipi nikotin, dimana setelah minum susu dan merokok. Mulut akan merasa hambar dan kandungan manis rokok tidak akan terasa, ini bisa dilakukan setiap kali muncul keinginan untuk merokok.

Ternyata bukan hal sulit untuk lepas dari jerawat kecanduan nikotin, ini bukan hanya membebaskan diri dari penyakit. Melainkan bisa menyayangi orang di sekitar, pasalnya dengan Anda merokok akan menebarkan penyakit dan risiko kematian lebih tinggi pada orang sekitar.

Related Post

Membersihkan Wajah Setiap Hari, Hindari Lakukan Ti... Membersihkan wajah adalah kegiatan wajib yang dilakukan setiap wanita untuk menjaga wajah tetap terlihat bersih, mulus dan cantik. Apalagi jika selalu...
Aruna dan Lidahnya, Kembali Menyandingkan Dian Sas... Pasangan aktor kebanggaan Indonesia, Dian Sastrowardoyo kembali di sandingkan dengan Nicholas Saputra. Kali ini dalam film Aruna dan Lidahnya. Film ...
NIK E-KTP Dapat Ungkap Identitas Pribadi Pemilikny... NIK E-KTP memang tidak akan pernah sama pada setiap orang, dimana ternyata ada rahasia tersendiri di balik 16 digit nomor tersebut. Bahkan kini banyak...
Ini kata Ahmad Dhani dan Sandiaga Uno Terkait Dito... Deklarasi Ganti Presiden di Surabaya pada hari minggu, 26 agustus kemarin berjalan ricuh. Massa pendukung gerakan 2019 ganti presiden mendapat penol...

One Comment

Comments are closed.