Monday, November 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kebiasaan Tidur Lebih Lama Saat Libur Bikin Panjang Umur

Kebiasaan Tidur Lebih Lama Saat Libur Bikin Panjang Umur

Banyak orang mengatakan, kebiasaan tidur lebih lama saat libur dari kegiatan hari, seperti sekolah dan bekerja adalah hal malas. Ini memang jadi kebiasaan malas jika dilakukan sepanjang hari, namun apa salahnya menambahkan jam tidur 1 hingga 2 jam, karena ini ternyata memberikan efek samping jangka panjang berubah pertambahan usia.

Ini bukan mitos namun sudah ada penelitian yang menyebutkan dan di lakukan di Swedia, jika seseorang yang tidur lebih lama di akhir pekan maka bisa mencegah kematian secara mendadak. Hal ini mengacu pada kebiasaan tidur orang dewasa di atas 20 tahun, dimana setiap harinya hanya memiliki waktu tidur kurang dari 6 jam. Padahal jam tidur normal adalah 7 hingga 8 jam setiap harinya, sudah pasti ini akan memengaruhi kesehatan.

Bahkan jika menggunakan pola hidup seperti ini setiap harinya, bisa mempercepat risiko kematian secara mendadak. Sehingga jangan biasanya tidur di tengah malam, alasan terkena insomnia, ini bisa dihilangkan asalkan ada keinginan untuk tidur lebih cepat dan tidak menggunakan gadget secara terus menerus.

Ternyata dalam penelitian tersebut, waktu tidur seseorang menentukan bisa memiliki umur lebih panjang. Misalkan dua orang sama-sama bekerja, pekerja A memiliki jam tidur 6 hingga 7 jam setiap harinya, sedangkan pekerja B hanya tidur kurang dari 5 jam setiap harinya.

Baca juga: Susah Buang Air Besar Saat Liburan? Ini Alasannya!

Sudah pasti ini akan memengaruhi kondisi tubuh, bangun tidur tidak lagi merasa nyaman bahkan mengalami banyak gangguan kesehatan. Selain itu, fokus bekerja menurun, sehingga membuat karier tidak akan lagi sama sekalipun mengawalinya di tahun yang sama.

Bahkan jam tidur yang cukup membuat tubuh memiliki waktu untuk regenerasi setiap sel yang rusak, ini sangat diperlukan. Bayangkan saja, jika Anda mengurangi waktu tidur, ada banyak sel yang rusak dan tidak diperbaiki, sudah pasti akan mengganggu kesehatan. Ini memang akan terasa setelah memasuki usia 50 tahun, ada banyak sekali orang mengalami perubahan usia yang berbeda.

Untuk itu, mulai sekarang rubah pola hidup, buat jadwal besar kapan waktunya untuk makan, bekerja, main dan istirahat. Karena ini akan berdampak panjang nantinya, jangan sampai di usia senja harus merasakan banyak penyakit.

Jika memang tidak punya banyak kegiatan di akhir pekan, tidak ada salahnya untuk bangun lebih siang satu jam dari biasanya. Bahkan jika perlu melakukan kegiatan menyenangkan yang terlupakan sebelumnya, tidur siang. Manfaatkan jam kosong setelah makan siang dengan tidur, ini akan membuat tubuh terasa lebih ringan, bahkan memperpanjang usia.

Related Post

Makanan Terlarang Untuk Meghan Markle Saat Menjala... Selalu ada cerita dalam setiap perjalanan menjalankan tugas Kerajaan Inggris bagi Meghan Markle, istri Pangeran Harry ini memiliki makanan terlarang d...
Ibu Menyusui Sementara Dilarang Minum Kopi, Ini Al... Ibu menyusui apalagi untuk ASI eksklusif selama 6 bulan memang harus menjaga pola makan dengan baik, hal ini karena sangat berpengaruh pada bayi. Apap...
Jelang Piala Dunia, Google Keluarkan Fitur Penduku... Google memberikan hal baru menjelang Piala Dunia 2018 yang akan berlangsung di Rusia pada14 Juni hingga 15 Juli mendatang, pasalnya sudah banyak penca...
Gempa dan Tsunami Terjang Donggala Dan Palu Dari S... Indonesia kembali berduka, kali ini datangnya dari Donggala dan Palu yang pada hari jumat petang kemarin dilanda gempa dan tsunami yang meluluh lant...