Monday, December 10Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kebiasaan Telat Makan Malam Dapat Memicu Risiko Kanker

Kebiasaan telat makan malam memang kini banyak terjadi, biasanya karena Anda telat pulang dan memilih untuk tetap berada di kantor setelah after office. Alasannya klise, malas menghadapi kemacetan setelah pulang kantor. Sehingga memilih menetap, untuk sekadar duduk bahkan mengerjakan pekerjaan untuk besok.

Apakah Anda berpikir jika telat makan malam bisa mengakibatkan terkena kanker, hal yang cukup mengerikan yang bisa terjadi dari kebiasaan banyak orang bukan. Pasalnya jam ideal untuk makan malam maksimal pukul 7 malam, kenapa bisa demikian? Pasalnya makanan membutuhkan proses pencernaan minimal 2 jam setelah makan.

Apalagi dengan kebiasaan orang Indonesia, setelah makan tidur. Ini hal yang tidak menyehatkan, selain bisa mengakibatkan sakit perut, obesitas, bahkan hingga penyakit jantung dan kanker. Wanita yang menerapkan kebiasaan telat makan malam akan berpotensi terserang kanker payudara, hal ini sesuai dengan penelitian yang sudah dilakukan worldofbuzz.

Dimana menyebutkan, jika wanita yang makan makan pukul 9 hingga 10 malam, bisa dapat memicu kanker payudara lebih besar. Hal ini dilakukan di Spanyol, dimana banyak orang terbiasa makan di jam yang sudah larut, akibatnya 70 persen berpotensi terkena kanker. Sedangkan sisanya yang menerapkan kebiasaan makan malam di sore hari, bisa menekan risiko kanker hingga 20 persen.

Baca juga : Telat Makan Sangat Merugikan Bagi Wanita, Memicu Kanker Payudara

Bukan hanya sekadar survei, melainkan dari penelitian yang dilakukan International Journal Cancer, menyebutkan sebagian besar pasien yang mengalami kanker prostat (laki-laki) dan kanker payudara (perempuan) erat kaitannya dengan kebiasaan telat makan malam. Dimana baru makan setelah pukul 10 malam atau di atasnya. Hal ini membuat perut menjadi tidak nyaman, apalagi tidak lama langsung tertidur.

Hal ini juga merujuk pada penelitian yang dilakukan Dora Romaguera, dimana mengungkapkan hal yang cukup mengagetkan. Pasalnya saat tidur sistem metabolisme tubuh akan berperan aktif, jika masih terdapat banyak makan makan bisa memicu risiko kanker. Apalagi setelah makan langsung tertidur karena mengantuk, ada baiknya menunggu minimal 2 jam agar makan bisa dicerna dengan baik baru tertidur.

Penelitian ini juga mengungkapkan, pentingnya menjaga pola makan dan pola hidup setiap harinya. Pasalnya hanya karena kebiasaan telat makan malam saja bisa memicu risiko kanker lebih besar, padahal Anda sudah membatasi asupan makan sehat. Ada baiknya, Anda memperhatikan jam istirahat yang tepat, jangan suka menerapkan jika lapar makan dulu baru tidur kembali. Ini kebiasaan buruk, saat perut dalam kondisi kenyang namun Anda tertidur, maka perut harus tetap bekerja di jam biologis yang pada waktunya.

Related Post

Merk Mobil Sejuta Umat Ini Jadi Nama Anak-anak Imu... Memiliki seorang buah hati dari pernikahan adalah salah satu kebahagiaan di dalam keluarga yang tidak bisa di gantikan oleh apapun. Dan hal itu tida...
Ini Lima Langkah Mudah Untuk Lapor Polisi Jika Ter... Untuk yang melihat video tewasnya suporter Persija di tangan suporter Persib Bandung pasti ada yang geregetan karena disana banyak orang dan polisi ...
Ingin tahu Omset penjual Popok Ayam asal Amerika S... Apakah kalian semua pernah berpikir bahwa ayam bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan? Tentu saja karena ayam memang salah satu hewan yang ban...
Kesalahan Menggunakan Kondom Secara Umum Yang Seri... Kondom merupakan alat kontrasepsi yang sangat berguna dan dapat diperoleh dengan mudah sehingga anda bisa menikmati hubungan seksual tanpa risiko keha...

One Comment

Comments are closed.