Monday, February 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil, Risiko Mengancam Jangka Panjang

Banyak orang sering kali menahan hasrat ingin buang air kecil, bahkan dengan alasan klise malas buang air di tempat baru atau tidak sesuai dengan kamar mandi di rumah. Hal ini memang tidak akan menimbulkan penyakit namun ternyata ada efek jangka panjang yang cukup berbahaya.

Anda ada baiknya untuk segera buang air kecil jika sudah merasakannya, hal ini dimana kantung kemih sudah penuh dan harus dikeluarkan. Pasalnya dengan penundaan tersebut, membuat kantung kemih berlebih dan bisa jadi tidak akan ditampung kembali. Bahkan sering kali membiarkan kantung kemih dalam kondisi penuh dapat menyebabkan penyakit serius.

Banyak ahli bidang urolog mengatakan, jika menahan buang air kecil memang tidak akan menimbulkan masalah sekarang, namun akan timbul hal serius jika dilakukan secara terus menerus bahkan menahun. Awalnya hanya akan muncul gangguan pada perut, menjadi tidak nyaman untuk duduk dan sering kali perut terasa aneh.

Baca juga: Susah Buang Air Besar Saat Liburan? Ini Alasannya!

Gangguan lain yang mudah serius, jantung menjadi berdebar lebih kencang tanpa sebab yang jelas. Selain itu, bisa jadi fokus semakin terbagi dan tidak bisa bekerja dengan baik. Efek jangka panjang untuk usia di atas 40 tahun, ini sudah banyak terlihat, perut menjadi lebih buncit, ini banyak terjadi pada laki-laki, bukan hanya karena banyak makan. Masalah medis lain jika terlalu sering menunda dan menahan buang air kecil, mulai dari gagal ginjal, masalah kencing batu yang sangat menyakitkan hingga risiko kematian.

Jangan paranoid terlebih dahulu, saat memang harus menahan buang air kecil satu dua kali saja, tidak akan terjadi masalah serius, namun mungkin Anda mengalami gangguan sakit perut akibat rasa kurang nyaman di masalah pengeluaran.

Tetapi, jika dilakukan terus menerus bahkan setiap harinya, dengan alasan macet bahkan tidak cocok dengan kamar mandi baru. Maka bisa mengalami risiko kencing batu, parahnya ini banyak terjadi pada laki laki. Hal tersebut terjadi, karena air seni sulit keluar karena terhalang batu atau tumpukan material padat yang semakin mengganjal pengeluaran.

Rasanya sudah pasti, sangat menyakitkan. Bahkan ketika buang air kecil, harus bisa menghancurkan batu itu terlebih dahulu, saat keluar pun tidak bisa luruh sepenuhnya, bahkan masih dalam bentuk batu. Ini sangat menyakitkan, hati-hati dalam hal kecil tersebut. Apalagi untuk anak-anak, kini ditemukan banyak pasien anak kecil yang mengalami batu ginjal, sebab awalnya tidak mau buang air kecil di sembarang tempat.

Related Post

BoyBand EXO Resmi Sebagai Duta Pariwisata Korea Se... Pemerintah Korea Selatan, sudah menunjuk Boyband EXO sebagai duta periwisata Korsel tahun ini. Ada harapan besar, menjadikan kelompok musik yang tenga...
Bikin Netizen Terharu Perlakukan Pramugari Ini Ter... China sedang berjaya di Asian Games dengan menduduki peringkat pertama dengan torehan 55 medali emas, 40 medali perak dan 21 medali perunggu. Namun ...
Ini Dia Petugas ATC Bandara Palu Yang Korbankan Ny... Pada hari Jumat petang Indonesia kembali berduka saat terjadi Gempa Bumi dan juga Tsunami di Donggala dan Palu. Gempa berkekuatan 7,4 SR itu mempora...
Kebiasaan Tidur Dekat Handphone Dapat Berakibat Tu... Kebiasaan tidur anak zaman now adalah berdekatan dengan smartphone, ponsel pintar ini bahkan bisa jadi nyawa kedua yang sangat dibutuhkan bahkan keter...