Wednesday, April 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kita Jadi Semakin Sulit Untuk Tidur

Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Kita Jadi Semakin Sulit Untuk Tidur

Tidur memang merupakan kebutuhan biologis yang wajib dipenuhi oleh setiap makhluk hidup. Idealnya orang dewasa itu memerlukan waktu tidur yang cukup selama tujuh hingga delapan jam sehari. Namun sayangnya justru banyak orang yang sering mengabaikan diri dalam memenuhi kebutuhan yang satu ini. Bahkan juga seringkali melakukan kebiasaan sepele yang tak disadari dapat membuat kualitas tidur buruk.

Kira-kira apa saja? Melansir Huffington Post, berikut lima kebiasaan sepele yang dapat membuat kualitas tidur menurun.

  1. Minum kopi setelah makan malam

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat membuat setiap orang yang mengkonsumsinya akan terjaga sepanjang malam. Menurut National Sleep Foundation, efek dari kafein akan masih sangat terasa selama beberapa jam setelah mengkonsumsinya. Jika hal ini terus dibiarkan, Anda pun tidak akan mendapatkan waktu istirahat yang optimal. Oleh karena itu ada baiknya hindari minum kopi sebelum tidur ya!

  1. Ngemil sebelum tidur

Kebiasaan ngemil atau makan sebelum tidur juga merupakan salah satu rutinitas yang tidak baik bagi tubuh. Karena dengan kebiasaan yang satu ini Anda tidak dapat memberi waktu yang cukup bagi tubuh untuk bisa mencerna makanan dengan baik.

“Proses pencernaan yang paling baik itu adalah ketika Anda berdiri, berjalan atau saat tubuh sedang dalam posisi vertikal. Dengan adanya bantuan gravitasi yang stabil. Karena jika tubuh sedang dalam posisi berbaring, perut akan mudah penuh sehingga menyebabkan refluks dan masalah pencernaan. Yang Akhirnya dapat mengganggu pola tidur,” ujar Kelly Johnston seorang ahli diet dari klinik medis Parsley Health di New York.

Johnston pun juga menambahkan bahwa dari sudut pandang gizi, terlalu banyak mengkonsumsi kudapan manis tak baik bagi kualitas tidur.

  1. Terlalu banyak melakukan olahraga di waktu malam

Olahraga di malam hari seusai pulang kerja seringkali menjadi pilihan waktu terbaik yang dilakukan para pekerja. Namun tahukah Anda kalau kebiasaan yang satu ini dapat membuat tubuh sulit untuk bersantai setelahnya, alhasil dapat membuat tidur malam kurang nyenyak.

“Jika ingin tetap melakukan olahraga di malam hari, jauhi olahraga dengan intensitas tinggi dan setidaknya lakukan olahraga tiga jam sebelum tidur. Hal ini dapat meredam tingkat adrenalin dan kortisol yang naik saat setelah melakukan olahraga yang dapat mengganggu waktu tidur,” jelas Johnston.

Selain meningkatkan kortisol dan adrenalin, olahraga yang intens pada malam hari juga dapat meningkatkan suhu tubuh Anda, yang dapat mengganggu proses pendinginan normal tubuh yang terjadi saat menjelang tidur.

  1. Masih mengecek pekerjaan kantor sebelum tidur

Menurut National Sleep Foundation lagi, rasa cemas dan juga khawatir merupakan salah dua penyebab buruknya kualitas tidur. Kebiasaan anda dalam mengecek pekerjaan sebelum tidur adalah salah satu hal yang dapat memicu stres dan rasa khawatir berujung pada tidur yang tidak nyenyak.

Oleh karena itu Johnston menyarankan untuk melakukan rutinitas tidur sehat seperti membaca buku, mandi, atau mendengarkan musik untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda sebelum benar-benar tertidur.

  1. Kebiasaan menunda-nunda waktu tidur

Banyak sekali orang yang kesulitan mendapatkan istirahat yang cukup karena sering menunda-nunda waktu tidur. Mulai dari kebiasaan berinteraksi dengan handphone sebelum tidur hingga menonton serial di televisi tentunya.

“Salah satu kebiasaan yang paling umum yang mengganggu tidur adalah tidak memprioritaskan waktu tidur yang cukup,” ujar Raman Malhotra, profesor neurology di Washington University School of Medicine di St. Louis.

RelatedPost