Saturday, July 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kebiasaan Buruk Bikin Bibir Pecah-Pecah Saat Puasa

Kebiasaan Buruk Bikin Bibir Pecah-Pecah Saat Puasa - Tips Kecantikan

Berpuasa tentu saja menahan lapar dan dahaga mulai pagi hingga malam hari, akibatnya kulit mengalami dehidrasi. Hal yang paling mudah terlihat adalah bibir menjadi lebih cepat kering dan pecah-pecah, apalagi jika Anda suka melakukan kegiatan yang buruk sehingga memperparah kondisi bibir yang kering.

Anda suka menarik bibir yang pecah-pecah, ini kebiasaan buruk yang sangat merugikan. Pasalnya akan menimbulkan bercak darah dan membuat bibir menjadi lebih kering, selain itu darah yang keluar akan membuat bau mulut semakin buruk. Hal ini tentu saja akan Anda hindari bukan.

4 Kebiasaan Buruk dan Membuat Bibir Semakin Kering Saat Berpuasa

1. Menjilat Bibir

Anda merasa bibir kering, hal yang paling banyak dilakukan adalah menjilat bibir dengan air ludah. Ini memang akan membasahi beberapa detik saja, namun akan menimbulkan efek kering lebih panjang, bahkan bibir rasanya lebih cepat.

Baca juga: Tips Cerdas Atasi Bibir Kering Saat Berpuasa

Jika bibir dalam kondisi kering, ada baiknya jangan menjilatnya untuk melembabkan bibir. Ini cara yang salah, meskipun terkadang bibir kering memang sangat menggoda untuk dibasahi. Ada baiknya dibiarkan saja, sehingga nantinya bibir tidak akan terlalu parah.

2. Menggigit Bibir

Setelah merasa bibir semakin kering, sudah pasti bibir pecah-pecah sangat menggoda untuk ditarik kulit arinya. Karena tidak bisa melakukan itu, Anda mulai mengigiti bibit. Awalnya memang akan sangat menyenangkan, tetapi jika Anda menarik terlalu kencang maka akan mengeluarkan darah dan menimbulkan rasa perih.

3. Lupa Menggunakan Lip Balm

Setiap orang memiliki kondisi bibir kering masing-masing, ada baiknya melumasinya dengan lip balm. Ini cara yang paling tepat dan aman, dimana bisa membuat kondisi bibir tetap lembab, lembut dan aman digunakan saat berpuasa.

Selain itu, Anda yang memiliki aktivitas di luar ruangan lebih lama, ada baiknya menggunakan lip balm lebih sering. Bahkan jika bisa pilih dengan kandungan SPF, ini akan melindungi dari sinar matahari bahkan membuat bibir tidak menghitam.

4. Sentuhan Jari-Jari Kotor

Sering kali Anda berkaca dan melihat bagian bibir, sudah pasti ada rasa gemas dan tergoda untuk menguliti kulit di bagian luar yang mudah terkelupas. Jangan gunakan tangan tanpa pelapis apapun, dimana jari tangan adalah sumber kuman paling banyak. Ini bisa membuat kondisi bibir semakin parah, selain akan tambah kering. Ini akan memicu datangnya kuman dan virus, sehingga bibir menjadi semakin parah.

Maka dari itu, untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa di siang hari, jangan terlalu sering membasuh wajah. Hindari kontak langsung, jika memang ingin menyentuh bibir, gunakan tisu sebagai perantara. Jika tidak, gunakan lip balm atau lipstik dengan pelembab tambahan sehingga bibir tidak akan kering dan terkelupas di siang hari.