Saturday, July 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kebanyakan Micin Bikin Pusing? Ini Cara Mengatasinya

Kebanyakan micin memang sering kali membuat Anda mengalami pusing, ini bukan berarti Anda konsumsi micin secara langsung, melainkan makanan yang memiliki kandungan micin cukup tinggi. Biasanya ini terdapat dalam makanan cepat saji (junk food), makanan yang di jual bebas secara murah dan juga makanan yang ingin terasa enak tanpa tambahanan banyak rempah.

Hal ini tentu saja sangat merugikan tubuh, bahkan jika terjadi pada anak-anak. Bukan hanya berdampak secara langsung, namun bisa membuat anak mengalami kebodohan, susah fokus dengan pelajaran bahkan mengalami masalah daya ingat. Padahal masih terlalu muda, maka dari itu diharapkan orang tua tidak melepaskan perhatian dari apa yang di konsumsi oleh anak.

Micin atau Monosodium glutamate (MSG) merupakan banyak tambahan untuk membuat makanan menjadi lebih sedap dan gurih, namun ada efek samping jangka pendek jika terlalu banyak di konsumsi tubuh, salah satunya pusing dan mual. Bahkan dokter menyebutkan ini sebagai sindrom kompleks MSG.

Meskipun sudah banyak sekali keluhan tentang efek samping kebanyakan micin, namun tidak ditemukan efek yang sangat parah, asalkan bisa menjaga pola makan dan pola hidup sehat. Ini bukan efek jangka panjang yang sangat fatal, sehingga bisa dihilangkan dengan mudah.

Baca juga : makan pizza tanpa toppingnya berjatuhan begini caranya

Jika sudah muncul gejala pusing dan mual akibat kebanyakan micin, Anda sebaiknya konsumsi minuman hangat yang akan menenangkan perut. Bisa konsumsi teh atau jahe hangat. Jika memang kurang suka, bisa membuat teh peppermint, ini sangat bermanfaat untuk menetralkan dan meredakan kandungan MSG berlebih. Jika sulit menemukan minuman di atas, sebaiknya segera minum air putih lebih banyak untuk menetralkan tubuh.

Mengapa jahe baik untuk menghilangkan efek buruk kebanyakan micin, karena terdapat kandungan gingerol, ini akan membantu pelepasan serotonin sehingga bisa mengurangi rasa mual dan sakit kepala mendadak. Sedangkan jika konsumsi teh yang mengandung peppermint, bisa menghilangkan efek mual karena menyegarkan mulut dan dapat memecah lemak dalam sistem pencernaan.

Namun jangan anggap remeh kebanyakan micin, pasalnya di India sudah ditemukan kasus penderita mengalami gangguan bahkan kehilangan suara. Hal tersebut terjadi setelah makan makanan dengan kandungan MSG tinggi, ada baiknya jika ini sudah terjadi langsung banyak minum air putih untuk menguraikan micin dalam tubuh dan mudah dikeluarkan melalui urine.

One Comment

Comments are closed.