Wednesday, July 18Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kebaikan Berbuka Puasa Dengan Makanan dan Minuman Hangat

Kebaikan Berbuka Puasa Dengan Makanan dan Minuman Hangat

Menjelang waktu berbuka puasa, sudah pasti tersedia takjil atau makanan kecil untuk berbuka puasa. Banyak yang menyarankan untuk berbuka dengan makanan manis, ini memang benar karena bisa memulihkan energi dengan tepat.

Selain itu, perut dalam kondisi kosong jangan sembarangan konsumsi makanan, ada baiknya memilih makanan yang hangat. Ini memang lebih banyak dipilih orang tua, namun ternyata memberikan banyak kebaikan untuk kesehatan. Kenapa bisa demikian? Cari tahu alasannya lebih lanjut.

4 Kebaikan Utama Memilih Makanan dan Minuman Hangat Saat Berbuka Puasa

1. Melancarkan Peredaran Darah Tubuh

Seharian tanpa asupan makanan dan minuman, membuat tubuh menjadi lemas. Konsumsi sesuatu yang hangat akan membuat peredaran darah semakin lancar, selain itu tubuh menjadi lebih tenang setelah perut kosong seharian. Bahkan bisa lebih efektif menghangatkan tubuh, biasanya orang yang berpuasa akan mengalami kenaikan suhu tubuh.

2. Tidak Mengagetkan Sistem Metabolisme

Berpuasa memang memberikan banyak kebaikan untuk tubuh, salah satunya untuk detoksifikasi alami. Tubuh bisa mengeluarkan seluruh kotoran dalam tubuh, agar bisa lebih maksimal lagi, konsumsi minuman hangat bahkan cenderung panas bisa mengeluarkan banyak keringat.

Artikel Terkait: Kenapa Puasa Bisa Meningkatkan Berat Badan?

Ini cara detoksifikasi lebih sehat, dimana keringat bisa mengeluarkan racun lebih cepat dari seluruh permukaan tubuh. Ada baiknya makan menu makanan berkuah, perut akan lebih tenang dan nyaman. Keringat akan keluar lebih banyak, bahkan jika Anda yang lebih banyak bekerja di kantor bisa mengeluarkan keringat yang cukup bau. Ini menandakan terjadi penumpukan kotoran dalam tubuh, saat keluar semuanya akan lebih ringan dan sehat.

3. Menurunkan Berat Badan

Anda ingin berat badan berkurang, jalani puasa dengan sehat. Dimana jangan makanan yang terlalu banyak saat berbuka, puasa tentu tidak akan mengkonsumsi makanan dan minuman seharian. Sudah pasti akan membakar seluruh lemak sebagai persediaan energi nantinya, tetapi saat berbuka hindari menu makanan manis, apalagi minuman dingin, kenapa?.

Ini akan menyebabkan peningkatan berat badan, jika berbuka puasa untuk menurunkan berat badan. Sebaiknya pilih menu makanan berkuah dan gurih, sehingga tetap bisa mengeluarkan keringat yang bisa ikut menurunkan berat badan, sekaligus menghilangkan racun dalam tubuh.

4. Sistem Pencernaan Lebih Nyaman

Mengapa orang tua lebih suka minuman hangat? Ini akan baik saat di konsumsi, apalagi setelah melewati tenggorokan, saat minum minuman yang dingin ini akan membuat pencernaan mengkerut, akibatnya akan mengalami kesulitan buang air besar. Ada baiknya agar mudah pembuangan, minum dan makan yang hangat terlebih dahulu, bahkan jika bisa manis agar tenaga bisa pulih dengan cepat.

Ternyata ada banyak bukan kebaikan jika berbuka puasa dengan makanan dan minuman yang hangat, ini tidak melihat usia dan tidak membatasi konsumsi minuman dingin. Namun ada banyak kebaikan yang bisa didapatkan tubuh, selain itu kondisi tanpa makanan dan minuman seharian akan membuat badan menjadi kaget dan terjadi gangguan di bagian pencernaan jika memilih menu berbuka yang salah.

One Comment

Comments are closed.