Saturday, August 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Ke Bogor Untuk Melihat Al-Quran Terkecil Di Indonesia

Ke Bogor Untuk Melihat Al-Quran Terkecil Di Indonesia

Ukuran Al-Quran tersebut kurang lebih sebesar ibu jari orang dewasa. Pun kabarnya menjadi Al-Quran terkecil se-Indonesia bahkan sedunia. Untuk membaca Al-Quran tersebut membutuhkan bantuan kaca pembesar agar bisa melihat dan membaca tulisan Al-Quran dengan jelas.

Salah satu masjid yang ada di Bogor, yakni Masjid Jami Daarussalaam yang berada di Pasir Jambu, menjadi tempat penyimpanan Al-Quran dengan ukuran tak biasa. Ya, masjid satu ini menyimpan Al-Quran dengan ukuran hanya 10 x 10 mm.

Ukuran Al-Quran tersebut kurang lebih sebesar ibu jari orang dewasa. Pun kabarnya menjadi Al-Quran terkecil se-Indonesia bahkan sedunia. Mengingat ukurannya yang kecil, untuk membaca Al-Quran tersebut pun membutuhkan bantuan kaca pembesar. Barulah bisa melihat dan membaca tulisan Al-Quran dengan jelas.

Pemilik Al-Quran ini ialah H Tubagus Muhammad Tamyiz yang juga menjadi pemilik Pesantren Al Mizan. Dilansir dari Antara, Al-Quran tersebut merupakan barang bersejarah peninggalan Pangeran Wijayakusuma, salah satu pahlawan yang berjuang pada zaman kolonial Belanda yang juga anak dari Sunan Gunung Jati.

“Al Quran ini merupakan pemberian dari ayah saya, dan Al Quran ini sudah turun temurun dari kakek saya,” kata H. Tubagus Muhammad Tamyiz, kepada Antara. Al-Quran berusia 500 tahun ini dimanfaatkan sebagai sarana dakwah penyiaran Islam pada masa itu. Meski usianya sudah tua, tetapi Al-Quran yang ditulis menggunakan tinta emas ini masih dalam keadaan baik bahkan bisa dibaca dengan jelas.

Tamyiz mengaku tidak ada perawatan khusus yang dilakukan untuk menjaga Al-Quran tersebut. Cukup dengan membungkusnya menggunakan kain kafan dan menyimpannya dalam tas kecil saja. Tamyiz juga mengatakan bila ada beberapa pihak dari dalam maupun luar negeri yang berniat untuk membeli dan berani menawar Al-Quran ini hingga ratusan juta rupiah. Meski begitu, dirinya tetap tak berniat untuk menjual.

Memang masih banyak lagi keunikan dari Al-Quran di seluruh dunia. Ada Al-Quran terbesar dan ada pula Al-Quran terkecil seperti yang ada di Bogor ini. Namun yang terpenting dari semua itu adalah semoga semua ini bisa terus membuat kita mengingat kepada Allah SWT, sang pencipta dan pemilik semua alam.