Tuesday, May 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Karya Seni Kontemporer Ini Dituding Menyinggung Nasrani Dan Yahudi

Karya Seni Kontemporer Ini Dituding Menyinggung Nasrani Dan Yahudi

Ketika pertama kali melihat karya seni kontemporer ini, kira-kira apa yang ada didalam pikiran Anda ? marah, tertawa, senang atau miris. Karya seni yang dibuat oleh seniman Spanyol bernama Eugenio Mirno ini cukup memicu kontroversi yaitu dimana seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini bahwa ada tiga buah patung yang saling menduduki.

Mungkin patung ini adalah patung anti-Islam, karena terlihat muslim dihancurkan pada akhir tumpukan. Atau seharusnya yang diambil sebagai pujian, yang berarti bahwa Islam adalah di dasar agama-agama dunia?

Patung yang paling bawah terlihat menggambarkan seorang muslim yang sedang bersujud. Lalu diatas punggungnya bersimpuh seorang pendeta kristen yang sedang berdoa. Dan selanjutnya di atas bahu pendeta itu berdiri seorang rabbi yahudi yang sedang membaca kitab suci Yahudi.

Hasil karya dari seniman Spanyol ini tentu saja mengundang reaksi serta kecaman dari umat islam karena di anggap telah melecehkan umat Islam. Selain umat Islam, seni kontemporer yang berupa patung ini, juga menuai kecaman dari komunitas Yahudi dan kedutaan Israel di Madrid. Namun ketika orang Yahudi ditanya soal ketidaksukaan mereka terhadap patung ini oleh seorang nasrani, ternyata jawaban mereka sangat mengejutkan

“Kenapa anda tidak suka ? Padahal nasrani dan yahudi berada di posisi yang paling atas?” Orang Yahudi itu pun lalu menjawab, “Kalau umat Islam itu bangkit, pasti kita semua akan jatuh.”

Selain alasan tersebut, ada pula alasan lain yang membuat yahudi begitu marah dan juga merasa dilecehkan dengan karya seni ini. Karena tepat disebelah patung terdapat sebuah karya seni lain berupa tempat lilin yang menjadi salah satu lambang atau simbol keimanan bagi agama Yahudi yang dibawahnya terdapat senapan mesin, dan hal ini dianggap sebagai pelecehan terhadap agama Yahudi dan negara Israel.

Melihat karyanya mendapatkan banyak kecaman, Mirno mengatakan bahwa dirinya tidak bermaksud untuk melecehkan agama-agama, sebagai seniman dalam karya seninya tersebut ia ingin menggambarkan ketiga agama besar yang eksis di dunia yang sama-sama berusaha mencapai Tuhan, katanya kepada media.

Jadi bagaimana menurut anda terhadap karya seni yang dibuat oleh seseorang yang berkebangsaan spanyol ini. Apakah biasa saja dan tidak perlu diperdebatkan? Atau memang perlu ditelisik lagi mengapa ia membuat patung seperti ini? Yang jelas mungkin lebih baik jika semua manusia beragama untuk menjalani kepercayaannya saja dan menghormati agama lainnya.