Wednesday, July 17Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kalau Liburan Ke Malang, Jangan Lupa Coba Makanan Ini

Kalau Liburan Ke Malang, Jangan Lupa Coba Makanan Ini

Kota Malang selalu menjadi kota yang identik dengan kuliner baksonya. Saking terkenalnya bakso di Malang, bahkan jenis kuliner bakso Malang pun bisa ditemukan di kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi bakso Malang saat berkunjung ke kota yang memiliki iklim sejuk dan dingin ini. Bahkan, sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang rela mengantre agar bisa menikmati semangkuk bakso khas Malang.

Beberapa rekomendasi berikut saya tuliskan agar para pembaca kumparan bisa memilih bakso apa yang akan dicicipi saat berkunjung ke Malang. Apa saja rekomendasi itu? Simak ulasan beberapa tempat di bawah ini.

  1. Bakso Damas

Berlokasi di Jalan Soekarno Hatta nomor 75-74, Bakso Damas tak pernah sepi dari pembeli. Lokasinya sangat strategis lantaran berada di Jalan Soekarno Hatta yang selalu ramai dan masih berada di kawasan pusat Kota Malang.

Bakso Damas berdiri sejak tahun 1993 dengan mengusung konsep prasmanan atau ambil sendiri. Konsep ini membebaskan pengunjung untuk mengambil dan memilih sendiri isian bakso seperti tahu, mi kuning, gorengan, siomay, pangsit goreng, dan tentunya berbagai ukuran bakso yang akan dinikmati.

Per item dikenakan harga mulai dari Rp 2.000 sampai Rp 17.000 saja. Setelah memilih sendiri isian bakso yang akan disantap, serahkan ke kasir untuk dihitung total harga yang harus bayarkan. Dijamin puas dan kenyang, karena selain rasanya yang pas di lidah, ukuran per item-nya pun cukup besar.

Bakso Damas ini buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam. Tempatnya pun cukup bersih dan luas, sehingga jika ke sini beramai-ramai tidak jadi masalah. Hanya saja jika saat jam-jam sibuk, kawasan ini akan sedikit ramai dan sulit untuk menemukan tempat parkir bagi kendaraan roda empat.

  1. Bakso Tengkleng Mas Bambang

Bakso yang satu ini selain menggunakan bahan dari daging asli, juga menyajikan tengkleng atau iga sapi yang disandingkan dengan bakso bulatnya. Daging yang melekat pada tulang iga sapi ini disajikan sebagai pendamping sekaligus menambah experience menikmati bakso yang berbeda.

Kaldu bakso yang begitu gurih dan nikmat berpadu dengan rasa bakso yang benar-benar terasa dagingnya. Selain di Kota Malang, Bakso Tengkleng Mas Bambang ini bisa ditemukan di kota-kota besar seperti Surabaya, Tangerang, Semarang, Yogyakarta, Solo, Bandung, Sragen, Cirebon, Salatiga, Tuban, Klaten, hingga Magelang.

Untuk satu porsi Bakso Tengkleng dibanderol dengan harga Rp 25.000. Kamu sudah bisa menyantap beberapa bakso bulat halus, beberapa irisan tengkleng, dan juga sayur seperti sawi. Di Kota Malang, kamu bisa mencicipi bakso ini di cabang Jalan Sigura-gura dan cabang Jalan Soekarno Hatta. Bakso Tengkleng Mas Bambang buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam. Khusus hari Jumat, buka dari pukul 1 siang hingga 10 malam.

  1. Bakso Bakar Pahlawan Trip

Selain bakso berkuah, pastikan kamu juga mencicipi varian bakso bakar di Kota Malang yang berlokasi di dekat kawasan Ijen Boulevard. Namanya Bakso Bakar Pahlawan Trip (Babatrip), tepatnya di Jalan Pahlawan Trip, Kota Malang.

Karena lokasinya yang strategis dan berada di pusat kota, tidak heran jika Bakso Bakar Pahlawan Trip juga menjadi jujukan favorit wisatawan saat berkunjung ke Kota Malang. Tempatnya bersih dan luas, sehingga kamu dan rombongan tak perlu khawatir kehabisan meja di sini.

Menu yang wajib dicoba tentunya bakso bakar. Bakso bakar bisa dipesan dengan pilihan rasa pedas atau pun sedang. Untuk satu porsi bakso bakar dibanderol dengan harga Rp 17.000. Dengan harga yang terjangkau itu, kamu sudah bisa menyantap 5 buah bakso bakar lengkap dengan taburan bawang goreng di atasnya.

Saat berkunjung ke sini, saya memesan bakso bakar pedas lengkap dengan pendamping isian bakso lain seperti tahu putih, siomay, mi kuning, dan pangsit goreng. Tak perlu khawatir, beberapa isian bakso tersebut dijamin akan membuat kamu kenyang karena ukurannya besar dan memuaskan.

Harga per item isian bakso tadi berkisar antara Rp 2.500 sampai Rp 3.000 saja. Selain bakso bakar, kamu juga bisa memesan bakso daging halus atau kasar dengan ukuran kecil atau sedang. Bakso Bakar Pahlawan Trip buka setiap hari mulai pukul 9 pagi hingga 11.30 malam. Namun di hari Selasa, tempat ini hanya buka sampai pukul 9.30 malam saja.

  1. Bakso Solo Kidul Pasar

Selain bakso khas Malang, kamu juga bisa mencicipi Bakso Solo yang satu ini. Cita rasa Bakso Solo Kidul Pasar ini melebur dengan lidah orang Malang, khususnya selera lidah Jawa Timur yang lebih suka dengan masakan gurih dan asin. Sehingga rasanya pun tidak kalah dengan Bakso Malang lainnya.

Satu porsi bakso bisa kamu nikmati hanya dengan harga Rp 18.000. Kamu juga bisa menambahkan menu pendamping lain, seperti tahu, goreng pangsit, dan lontong. Bakso Solo Kidul Pasar buka setiap hari dari sekitar pukul 12.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Bakso Solo Kidul Pasar ini tersebar di beberapa tempat. Namun saya memilih untuk mencicipi Bakso Solo Kidul Pasar yang berlokasi tak jauh dari Stasiun Kota Lama Malang, tepatnya di Jalan Sartono, Kota Lama, Malang, dekat fly over Kota Lama. Terkadang stok bakso sudah habis walaupun belum jam tutup.

  1. Bakso Duro Kepanjen

Beralih sedikit dari hiruk pikuk Kota Malang, ada sebuah gerai bakso yang enak, terkenal, dan selalu ramai dikunjungi wisatawan saat ingin bertandang ke kawasan Malang bagian selatan. Bakso Duro Kepanjen yang berlokasi di Jalan Panglima Sudirman Kepanjen ini berada di jalan protokol yang menghubungkan Kota Malang dengan Kota Kepanjen. Jalur ini sering dilalui para wisatawan jika ingin berkunjung ke wisata pantai di Malang bagian selatan.

Jika kamu ingin mengunjungi Malang Selatan, pastikan kamu mampir ke gerai Bakso Duro Kepanjen. Karena gerai bakso ini tidak pernah sepi setiap harinya. Kamu bisa memilih beberapa varian menu, seperti Bakso Campur dan Tenes, Bakso Campur Biasa, dan Bakso Tenes, yang setiap menunya dihidangkan berdampingan dengan pangsit goreng. Saya memesan menu Bakso Campur dan Tenes dengan harga Rp 25.000 untuk satu porsi.

Di dalamnya terdapat bakso besar seukuran bola tenis, beberapa bakso halus dan kasar ukuran sedang, pangsit goreng, dan irisan sayur. Rasanya gurih dan dagingnya pun benar-benar terasa.