Thursday, September 24Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Kalah di Cabang Olahraga Pencak Silat, yang Dilakukan Para Atlet Asal Malaysia

Belum lama kita melihat adanya kecurangan atlet asal malaysia yang bertindak tidak sportif pada atlet asal singapura di cabang olahraga pencak silat. Saat itu di dalam video terlihat atlet pencak silat malaysia terlihat dengan sengaja menendang punggung atlet pencak silat asal singapura yang telah terjatuh. Aksi tersebut selain diprotes oleh tim ofisial singapura juga  diprotes oleh para penonton tuan rumah indonesia yang melihat kecurangan pada laga pencak silat tersebut. Apalagi akhirnya atlet malaysia kalah telak 0-5 dari atlet asal singapura.

Malaysia memang sedang  dalam posisi yang tidak baik dalam perolehan medali Asian Games 2018 ini dimana mereka saat ini berada di peringkat ke-14 dengan raihan 4 medali emas, 8 medali perak dan 8 medali perunggu  sampai rabu pagi tanggal 29 agustus ini. Jauh dari harapan mungkin para atletnya menjadi stress dan terbebani di setiap laganya.

Dan hal tidak sportif kembali terjadi di cabang olahraga pencak silat dimana saat itu atlet pencak silat asal malaysia sedang bertanding dengan atlet dari tuan rumah Indonesia. Lebih tepatnya di babak final cabang olahraga pencak silat antara Mohd al jufferi asal malaysia yang melawan Komang harik adi putra asal indonesia dimana terjadi suatu insiden. Di kelas 65-70 kg itu tepatnya setelah usai pertandingan dimana atlet asal indonesia yang berhasil meraih medali emas, atlet asal malaysia mohd al jufferi tampak tidak teriam dan meluapkan kekesalannya dengan memukul venue yang terbbuat dari triplek hingga jebol. Mohd al jufferi yang tengah marah-marah akhirnya bisa ditenangkan olej menpora malaysia syed saddiq.

Al jufferi walk out dari babak final saat berhadapan dengan atlet asal indonesia komang harik adi putra. Mohd al jufferi merasa dicurangi pada babak final tersebut bahkan setelah laga usai ketua pencak silat malaysia, datuk megat zulkarnain omardin mengelurakan pernyataan yang menyebut perampokan emas di siang hari yang artinya mungkin merasa medali emas yang harusnya mereka raih telah direbut dengan cara tidak sportif.

Namun ini adalah suatu cabang olahraga profesional dengan wasit-wasit yang tentunya sudah berpengalaman dan telah ditunjuk secara resmi oleh otoritas yang dipercaya akan mampu adil jadi tidak perlulah merasa dicurangi  atau apa pun itu. Bersikaplah profesional dalam menerima keputusan wasit atau pengadil dalam setiap cabang olahrga. Terimalah semua dengan lapang dada dan kebesaran hati. Mari junjung sportifitas dalam setiap laga Asian games 2018 ini.