Monday, September 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Juara MTQ Internasional Di Turki Ini Berasal Dari Indonesia

Juara MTQ Internasional Di Turki Ini Berasal Dari Indonesia

Mahasiswa Sastra Arab Universitas Indonesia asal Bima, Nusa Tenggara Barat ini telah berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Hal itu didapat pada Musabaqah Tilawatil Quran yang berlangsung selama 9 hari di Turki. Firdaus berhasil menjadi yang terbaik di antara 68 negara peserta MTQ. Qori Asal Medan, Darwin Hasibuan mantan juara MTQ di Iran ini juga mengucapkan selamat kepada Firdaus.

Mahasiswa yang aktif di lembaga dakwah Fakultas Ilmu Budaya, Formasi, ini dibanjiri pujian dari para netizen. Yang paling mengharukan adalah Firdaus diberi penghargaan langsung oleh presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Lewat akun instagramnya, Erdogan memposting foto bersama Firdaus. Abdulah Ahmad merasa bangga dan terharu, karena teringat waktu kecil Firdaus rajin belajar ngaji.

“Pada usia 5 tahun Firdaus sudah belajar mengaji,” ungkap ayahnya saat dikonfirmasi di Bima, Senin (27/05/2019). Di bulan ini dua pemuda asal NTB kembali mengharumkan nama Indonesia, setelah minggu lalu sprinter andalan Indonesia Lalu Zohri membawa nama Indonesia ke olimpiade Tokyo pada 2020.

Syamsuri Firdaus mengikuti MTQ Internasional ke-7 yang digelar 9 hari di Instanbul, Turki. Mahasiswa Sastra Arab Universitas Indonesia itu berhasil menjadi yang terbaik di antara 68 negara yang turut mengirimkan peserta terbaik. Kabar bahagia itu juga dibagikannya melalui Facebook dan Instagram pribadinya pada Minggu (26/5) lalu.

Atas prestasi membanggakan itu, banyak orang yang memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Syamsuri Firdaus. Banyak pujian dari berbagai pihak dilayangkan untuk untuknya. Termasuk Darwin Hasibuhan, mantan juara MTQ di Iran asal Medan. Melalui Instagramnya, Darwin menuliskan ucapan selamat dan doa kepada Firdaus.

Namun, yang lebih mengharukan adalah penghargaan untuk Syamsuri Firdaus yang diberikan langsung oleh presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Melaui Instagramnya, Erdogan mengunggah foto bersama Firdaus. Hal ini membuat Firdaus juga orang tuanya merasa bangga.

Ayah Syamsuri Firdaus, Abdullah Ahmad mengaku bangga dan terharu lantaran teringat perjuangan putranya itu belajar mengaji semasa kecil. Melansir dari kumparan, Abdullah Ahmad menjelaskan Syamsuri Firdaus sudah belajar mengaji sejak berumur 5 tahun. Sementara melalui akun Facebook-nya, Abdullah menceritakan bahwa semasa kecil Firdaus belajar mengaji di TPQ. Setiap hari putranya harus melewati pematang sawah.

“Terkadang pulang dari TPQ baju sudah kotor karena jatuh, terkadang sampai di tempat ngaji bajunya sudah basah karena kehujanan, Semua duka sudah pernah dialami,” tulis sang ayah seperti dikutip dari akun Facebooknya, Senin (27/5).

Sang ayah juga menceritakan bahwa sang anak pernah pergi ke TPQ dengan naik sepeda. Namun, baru tiga hari dipakai, sepeda tersebut sudah rusak. Sepeda tersebut merupakan milik sang paman dan sudah setahun tidak digunakan.