Wednesday, October 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Jika Kamu Sakit Perut, Sebaiknya Konsumsi Beberapa Makanan Ini

Jika Kamu Sakit Perut, Sebaiknya Konsumsi Beberapa Makanan Ini

Sakit perut merupakan gangguan kesehatan yang sering terjadi namun kerap disepelekan. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa berakibat fatal. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal National Center for Biotechnology Information, ternyata ada beberapa makanan yang bisa meredakan sakit perut, lho. Apa saja? Berikut kumparan rangkum untuk kamu.

  1. Pisang mentah

Pisang mentah mengandung kalium yang bisa membantu meredakan sakit karena sindrom iritasi usus besar. Tak hanya itu, pisang mentah juga mengandung mineral penting seperti zat besi, folat, dan serat yang bagus untuk kesehatan pencernaan.

  1. Sup

Selain pisang mentah, kamu juga bisa mencoba sup. Makanan bercita rasa gurih ini kabarnya bisa mengembalikan seluruh energi yang hilang akibat gangguan atau masalah di perut. Kami sarankan, konsumsilah sup panas untuk meringankan gejala mual, perih, dan melilit yang biasanya terjadi saat sakit perut.

  1. Yogurt

Yoghurt mengandung probiotik yang bagus untuk sistem pencernaan. Tak hanya itu, yoghurt juga bisa menyembuhkan rasa tidak nyaman di perut dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi makanlah yoghurt saat perut kembung atau mengalami gangguan pada lambung.

  1. Pepaya

Pepaya juga bisa meredakan masalah di perut. Alasannya, karena pepaya mengandung enzim pencernaan alami yang disebut papain. Enzim papain dikenal bisa membantu masalah pencernaan dan menyembuhkan masalah sembelit.

  1. Oat

Oat mengandung serat yang bisa membantu masalah pencernaan. Sama seperti sup, oat juga mengandung karbohidrat yang bisa membantu memulihkan energi yang hilang akibat sakit perut. Nilai plusnya, oat memiliki tekstur yang mudah dicerna sehingga tidak akan menyebabkan rasa yang tidak nyaman saat sakit perut melanda.

  1. Apel

Terakhir kamu bisa coba makan apel. Pasalnya, buah berwarna merah ini mengandung pektin dan enzim yang bisa membantu memecah partikel makanan di tubuh.

Jadi itulah beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi saat kamu sedang mengalami sakit perut. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran karena sejatinya itu semua memang lebih baik daripada bahan makanan yang terbuat dari daging. Yang penting asupannya harus seimbang, secukupnya dan jangan berlebihan antara buah, sayuran dan daging.