Monday, November 19Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Jerawat Saat Hamil, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Jerawat saat hamil ini hal biasa, namun ini sering kali menimbulkan kepanikan tersendiri, apalagi untuk kehamilan pertama. Calon ibu tentu akan memberikan segala yang terbaik untuk buah hati yang sedang berkembang di rahim, sehingga akan menghindari segala macam hal buruk dan hanya melakukan kegiatan positif saja.

Apakah timbulnya jerawat hal wajar apalagi saat kehamilan? Ini bisa terjadi, bahkan beberapa kasus wanita akan berjerawat hebat saat kehamilan, hal yang wajar namun Anda harus bersabar hingga jerawat hilang sendiri tanpa diberikan obat apapun. Pasalnya penggunaan obat, apalagi yang masuk langsung ke dalam tubuh akan memengaruhi tumbuh kembang janin.

Terjadinya perubahan fisik saat hamil, ini akibat perkembangan hormon berlebih, bahkan Anda akan mengalami kenaikan berat badan yang terbilang cukup banyak. Hal tersebut membuat kulit semakin berkembang, sehingga muncul banyak efek samping lainnya. Seperti kulit terlihat lebih putih, bercahaya dan muncul rona kemerahan.

Namun banyak juga yang mengalami produksi minyak berlebih, sehingga mulai terlihat bercak hitam di kulit, apalagi wajah. Hal ini memicu timbulnya jerawat membandel, bahkan yang tidak pernah Anda alami sebelumnya. Bukan itu saja, saat hamil akan timbul stretch marks, ini adalah garis garis halus akibat mengembangnya kulit secara cepat dan terjadinya goresan sehingga membekas, baru akan terlihat setelah melahirkan.

Baca juga : Perut Gatal Ketika Masa Kehamilan, Apakah Bayi Sedang Tumbuh Rambut

Hal ini bahkan memicu timbulnya jerawat saat hamil karena disebabkan terjadinya kenaikan hormon androgen, dimana produksi sebum semakin banyak di area wajah. Namun tenang saja, banyak ibu hamil yang mengalami kasus jerawat berlebih akan berangsur menghilang setelah melahirkan, ini karena hormon sudah kembali normal.

Bagaimana cara mengatasi jerawat saat hamil, padahal tidak boleh menggunakan bahan pencegah jerawat. Ada baiknya Anda menjaga kebersihan dengan membersihkan kulit, lakukan di pagi dan malam hari, ini tidak akan memberikan efek samping berlebih. Selain itu, jangan berkeringat terlalu banyak dan pilih sabun yang lembut untuk kulit untuk menghindari stretch marks akibat goresan.

Bisa juga memilih sabun yang mengandung azelaic acid, ini akan membantu mengendalikan produksi minyak sehingga tidak akan menutupi pori-pori yang terbuka akibat kulit semakin melebar. Selain itu, bisa juga menggunakan produk cuci muka dengan kandungan benzoil peroxide, ini sangat cocok untuk kulit berminyak.

Jika memang takut terjadi hal yang tidak diinginkan pada bayi, bisa konsultasikan pada dokter kandungan cara mengatasi jerawat saat hamil. Ini akan memberikan Anda ketenangan dan bisa menikmati masa kehamilan, ini adalah waktunya Anda merasakan menjadi wanita sepenuhnya karena bisa membawa satu nyawa hingga terlahir ke dunia.

Related Post

Kulit Semangka Dapat Mengatasi Masalah Jerawat Mem... Kulit semangka tentu akan di buang, pasalnya hanya akan dimakan daging semangka saja yang rasanya manis dan terasa segar. Apalagi jika dimakan dalam k...
Cara Mudah Mencari Resep Masakan Indonesia Berbicara masalah kuliner, ternyata resep masakan Indonesia banyak dicari para chef dan pecinta kuliner di dunia, karena kelezatannya yang tiada tar...
Tips Badan Langsing Meski Harus Duduk Seharian Di ... Tips badan langsing memang sudah banyak, namun apakah Anda sudah tahu bagaimana cara wanita kantoran yang duduk terus tetapi bisa mempertahankan bentu...
5 Kesalahan Pria Saat Bermain di Atas Ranjang Komunikasi adalah kunci utama dalam membangun keintiman di atas ranjang. Tatkala komunikasi itu tertutup, hilang sudah kenikmatan hubungan suami-ist...

2 Comments

Comments are closed.