Saturday, July 21Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Jerawat di Bibir, Kenali Faktor Penyebabnya!

Jerawat di bibir memang sangat menjengkelkan, bahkan membuat Anda kesal serta pusing bagaimana cara mengatasinya. Selain bisa membuat rasa percaya diri semakin terkikis, sangat sakit jika tidak sengaja tergigit saat makan. Bahkan jika dengan dihilangkan secara paksa, akan meninggalkan bekas luka.

Jerawat memang bisa muncul dimana pun, bukan hanya wajah melainkan hingga punggung, namun saat muncul di area sekitar mulut tentu akan sangat mengganggu. Dapat menimbulkan nyeri saat berbicara atau menggerakkan bibir, selain itu bisa tergigit saat makan. Anda tentu tidak sabar untuk menyingkirkannya, kenapa tidak melakukan langkah pencegahan.

Ternyata kebersihan menjadi hal utama untuk mencegah muncul jerawat di bibir, selain itu juga ada beberapa faktor lain yang biasanya tidak diperhatikan. Ini akan jadi pemicu utama, namun masih ada penyebab lainnya yang bisa memicu timbulnya jerawat di area sekitar bibir.

5 Penyebab Utama Timbulnya Jerawat di Bibir

  1. Produksi Hormon Tidak Seimbang

    Ini hal utama yang memicu timbulnya jerawat, apalagi di sekitar bibit. Umunya dipengaruhi kenaikan hormon Androgen, bukan hanya menimbulkan jerawat di wajah namun bisa di seluruh tubuh, apalagi jika tidak menjaga kebersihan dengan baik.

    Memang kelebihan produksi hormon Androgen terjadi saat masa pubertas, mendekati datang bulan hingga obesitas. Sehingga biasanya jerawat akan tumbuh dengan banyak di masa remaja, ini hal normal dan tidak perlu diobati, cukup menjaga kebersihan tubuh maka jerawat bisa dikendalikan dengan baik.

    Baca juga : Kebanyakan Micin Bikin Pusing Ini Cara Mengatasinya

  2. Stres Sepanjang Hari

    Aktivitas yang padat memicu stres berkepanjangan, maka dari itu ada baiknya Anda bisa mengendalikan emosi dengan baik. Jerawat di bibir biasanya timbul karena terlalu stres dan kekurangan vitamin, sehingga tubuh menjadi tidak seimbang. Selain harus menjaga pola makan, lihat lagi apa makanan yang Anda konsumsi.

    Cara mengatasinya, Anda harus melakukan hal yang membuat bahagia. Tidak bisa liburan, Anda tentu punya ‘me time’ yang membuat Anda senang dan bahagia sebentar, ini hal yang penting dan sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan kebahagiaan.

  3. Tidak Cocok Dengan Pasta Gigi

    Anda tentu menggunakan pasta gigi saat menggosok gigi, selain membersihkan kotoran di sela sela gigi, bisa berfungsi juga untuk menghilangkan bau mulut. Kenapa bisa timbul jerawat di bibir, hal ini karena tidak cocok menggunakan satu merk pasta gigi atau satu taste pasta gigi tertentu. Biasanya akan terasa gatal dan timbul bintik putih, ini akan memicu timbulnya jerawat.

    Bagaimana cara memilih pasta gigi yang tepat dan cocok untuk Anda, pilih yang memiliki kandungan tepat. Jangan gunakan pasta gigi yang terlalu banyak busa, karena ini mengandung banyak deterjent, selain itu perhatikan warna di bagian ujung pasta gigi, biasanya menunjukkan bahan utama yang digunakan. Bahkan sebaiknya, tidak menggunakan pasta gigi yang sama dalam jangka panjang.

  4. Sering Konsumsi Makanan Pedas dan Berminyak

    Ada mitos jika banyak konsumsi makanan berminyak, seperti gorengan bisa memicu timbulnya jerawat. Ini bukan hanya mitos, namun fakta. Pasalnya makanan yang mengandung minyak berlebih, akan memicu timbulnya minyak yang akan menutupi pori-pori wajah sehingga bisa menyebabkan jerawat. Ada baiknya, kurangi konsumsi makanan berminyak.

    Selain itu, hindari juga makanan yang terlalu pedas. Memang rasa pedas akan membuat Anda menjadi lebih berselera makan, bisa memicu timbulnya keringat bahkan lebih lahap lagi saat makan. Namun ini tidak baik untuk wajah, pasalnya jadi penyebab timbulnya jerawat di bibir, apalagi jika makan tidak benar dan menyisakan banyak kotoran di wajah.

  5. Sistem Pencernaan Terganggu

    Jangan remehkan sakit perut yang datang setelah makan, ini berarti ada masalah di pencernaan. Apalagi jika sudah mengalami sembelit, sulit buang air besar bahkan hingga berdarah bukan hanya membuat perut sakit namun memicu timbulnya jerawat.

    Ada baiknya Anda buang air setiap harinya, terlebih di pagi hari. Ini membuktikan jika sistem pencernaan berjalan bagus, tidak terjadi masalah dan asupan makanan tepat. Namun normalnya, buang air besar terjadi tiga kali dalam seminggu, jika sudah mengeluarkan kotoran yang sangat bau dan sulit dikeluarkan, maka bisa jadi Anda mengalami gangguan pencernaan.

Ternyata masalah kesehatan juga memengaruhi timbulnya jerawat di bibir, ada baiknya Anda memperhatikan kebersihan tubuh. Menjaga pola makan dan pola hidup, jangan terlalu banyak makan junk food dan tidur terlalu malam. Ini akan memengaruhi keseimbangan tubuh, selain itu bisa memicu terjadi penyakit serius lainnya.

2 Comments

Comments are closed.