Tuesday, September 25Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Jemaah Haji Indonesia Diimbau Tidak Memakai Sandal Jepit Oleh Kemenkes

Jemaah haji Indonesia tahun ini diimbau oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar menggunakan alas kaki saat menunaikan ibadah haji, pasalnya kini suhu di Arab Saudi mencapai 44 derajat celsius saat siang hari. Sehingga bisa melindungi kaki agar tidak mudah melepuh saat keluar di siang hari, sandal jadi perlengkapan wajib ketika ke luar dari hotel.

Dimana bisa menghindari masalah panas sehingga kaki tidak mudah terbakar, iritasi dan mengalami gangguan akibat panas lainnya. Namun Kemenkes juga mengimbau agar tidak menggunakan sandal jepit, karena tidak bisa menjaga dengan baik telapak kaki saat berada di luar ruangan atau sinar matahari tepat berada di atas kepala.

Pasalnya ini tidak akan bisa melindungi kaki dengan sempurna, pernyataan ini dikeluarkan oleh Eka Yusuf, selaku kepala kesehatan haji untuk tahun 2018. Dimana diharapkan semua jemaah haji indonesia harus menggunakan sandal rekomendasi dari pihak medis, tidak lagi menggunakan sandal jepit untuk kebaikan bersama.

Mengapa harus menggunakan sandal rekomendasi dari pihak medis, karena tidak terbuat dari plastik sehingga tidak licin digunakan dimana saja. Selain itu, bentuk sandal tidak seperti sandal jepit yang terbuka di bagian atasnya, sehingga tidak bisa melindungi jari-jari kaki. Namun bentuknya seperti selop, ini akan membuat semua bagian kaki terlindungi sempurna.

Hal ini memang sudah direkomendasikan pihak Kemenkes dari jauh hari, pasalnya sandal jepit tidak cocok digunakan di Arab Saudi, meskipun sangat nyaman digunakan di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan suhu yang cukup bersahabat. Lain halnya dengan iklim gurun yang selalu terjadi perubahan suhu ekstrem setiap harinya, dimana saat siang panas sekali hingga 44 celsius namun jika malam hari hingga 5 hingga 10 derajat celsius.

Baca juga : Jamaah Haji Indonesia Tahun Ini Akan Mendapatkan Menu Makanan Tradisional

Untuk mengatasi masalah sakit di bagian telapak kaki, Kemenkes melalui Eka sudah menyampaikan akan mempersiapkan sandal rekomendasi medis yang cocok dan nyaman digunakan selama melaksanakan ibadah haji. Dimana ini akan digunakan sebagai alat perlindungan diri, untuk menghindari cuaca panas yang terjadi cukup ekstrem.

Selain sandal ada juga alat lainnya yang sebaiknya dipersiapkan, mulai dari kacamata, payung, masker dan semprotan air kecil, ini untuk mengurangi rasa panas. Dimana saat keluar dari hotel Anda akan merasa cukup panas dan membutuhkan air, selain itu juga bisa membawa air secukupnya sehingga tidak mengalami dehidrasi saat menjalani ibadah haji.

Hal ini juga disampaikan oleh Dian Shinta, selaku Koordinator Tim Promotif Preventif, dimana sandal jepit akan membuat sela-sela kaki mengalami gesekan dan terkena iritasi. Karena saat siang terlalu panas, kaki menjadi sangat kering dan kelembapan kaki berkurang. Akibatnya, kaki bisa berdarah dan mengalami pengelupasan.

Ini cukup berbahaya untuk jemaah haji Indonesia yang memiliki riwayat penyakit kecing manis atau diabetes, apalagi untuk jenis diabetes basah, karena lukanya akan sulit untuk kering dengan cepat. Maka dari itu, sebaiknya semua jemaah haji Indonesia menggunakan sandal medis yang direkomendasikan oleh pihak Kemenkes untuk kebaikan bersama dan bisa melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk.

Sandal rekomendasi ini tidak diberikan langsung pada setiap jemaah haji Indonesia, untuk mengurangi kehilangan apalagi yang suka menitipkan pada orang lain. Nantinya akan disediakan lebih dari 204 ribu kantong plastik yang akan dibagikan, dimana nantinya di dalamnya terdapat sandal, payung dan kacamata hitam.

Related Post

Menu Pendamping Ketupat Di Hari Raya Lebaran sebentar lagi, Anda tentu sudah memikirkan apa yang akan menjadi santapan di Hari Raya. Apalagi nantinya keluarga besar akan berkumpul, sudah ...
Chip Quadcomm Sudah Resmi Tidak Digunakan Seluruh ... Chip Qaudcomm tidak lagi digunakan untuk produk Apple, hal ini merupakan pernyataan resmi dari George Davis, selalu kepala bagian keuangan milik Quadc...
Gajian Cuma Numpang Lewat? Begini Cara Mensiasatin... Awal bulan adalah waktu yang sudah dinantikan setiap pegawai dan karyawan, karena akan menerima gaji bulanan. Hal yang sudah dinantikan setelah beke...
Kebiasaan Tidur Lebih Lama Saat Libur Bikin Panjan... Banyak orang mengatakan, kebiasaan tidur lebih lama saat libur dari kegiatan hari, seperti sekolah dan bekerja adalah hal malas. Ini memang jadi keb...