Monday, July 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Jelang Ramadan – Persiapan Makanan Menjelang Ramadan

Jelang Ramadan - Persiapan Makanan Menjelang Ramadan

Sebentar lagi bulan ramadan akan datang, bagi umat islam akan bersiap untuk melaksanakan kewajiban berpuasa. Dimana harus menahan lapar dan haus dari subuh hingga magrib, hampir 12 jam tanpa konsumsi makanan dan minuman tentu akan membuat lemas, sehingga malas melakukan kegiatan apapun.

Padahal kegiatan sehari-hari tetap seperti biasanya, maka dari itu ibu harus pintar dalam mempersiapkan makan sehat yang bisa membuat tubuh tetap segar dan kuat menjalani aktivitas meskipun sedang berpuasa. Apalagi untuk anak-anak, dimana puasa tahun ini akan terasa sangat panas karena belum memasuki musim hujan.

4 Persiapan Singkat Makanan Sehat Menyambut Ramadan

  • Usahakan Selalu Belanja Makanan Sehat dan Segar

Ada baiknya memasak setiap harinya selama bulan ramadan, pasalnya makanan sehat dan segar akan meningkatkan nafsu makan. Biasanya saat bulan puasa, anak-anak akan mengalami penurunan nafsu makan dan selalu ingin minum terus menerus. Ini bisa menyebabkan sakit, maka dari itu jadwalkan untuk berbelanja setiap harinya.

Jika memang sulit, maka sempatkan membeli beberapa bahan saat pulang kantor. Ini akan membuat waktu berbuka puasa dan sahur menjadi lebih bersemangat, tidak ada salahnya memasak makanan yang menjadi favorit keluarga.

  • Buat Menu Makanan Berbeda

Untuk mengurangi rasa bosan dan malas untuk sahur, sebaiknya masak menu makanan yang berbeda. Bahkan jika bisa tawarkan pada anak-anak ingin menu makanan apa, ini akan merangsang mereka untuk bangun dan sahur lebih bersemangat.

Terkait: Berita Bola – Muslim Di Liga Primer Inggris Menjadi Pusat Perhatian

Namun tidak semua menu makanan harus dituruti, pilih yang banyak memberikan manfaat untuk tubuh. Pastikan tetap konsumsi makanan sehat dan seimbang, bahkan jika bisa tambahkan susu dan buah setiap makan.

  • Buat Penyimpanan Makanan Dengan Baik

Bagi Anda yang bekerja kantoran, tentu akan sulit belanja setiap harinya. Karena saat pulang kantor sudah menjelang waktu berbuka, sebaiknya belanja dalam jumlah banyak untuk beberapa bahan makanan yang bisa dibekukan terlebih dahulu.

Ini akan lebih baik, pasalnya semua anggota keluarga membutuhkan asupan makanan sehat setiap harinya. Ini untuk mencegah terjadinya sakit, bahkan mengalami gejala sakit selama menjalani puasa. Selain itu, berikan vitamin dan buah-buahan segar, agar bulan ramadan bisa dijalankan dengan baik dan maksimal.

  • Camilan Sehat dan Kering

Meskipun tidak makan di siang hari, sebaiknya siapkan camilan sebagai menu makanan tambahan. Ini biasanya di konsumsi setelah berbuka, pilih camilan rasa manis agar bisa cepat diserap oleh tubuh untuk menghasilkan energi.

Jika tidak ingin terus menerus membuatnya, sebaiknya siapkan camilan manis kering sehingga bisa bertahan lama dan langsung membuatnya dalam jumlah banyak. Namun pastikan, anak-anak tetap gosok gigi setelah konsumsi camilan sebelum tidur.

Ini persiapan kecil yang bisa dilakukan setiap ibu, bahkan jika Anda tetap harus bekerja di kantor. Apalagi nanti menjelang lebaran, sebaiknya sudah mempersiapkan menu andalan untuk menyambut hari raya. Karena ini waktunya keluarga berkumpul dan menyantap menu makanan yang sudah dinantikan setiap tahunnya.

One Comment

Comments are closed.