Monday, July 16Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Jarak Bumi Dan Mars

Dunia sedang berlomba-lomba untuk menunjukkan adu kepintaran dengan bagaimana untuk dapat sampai ke tata surya lainya yaitu planet Mars.

Planet Mars sendiri merupakan salah satu ekosistem tata surya yang tidak dapat dilihat menggunakan mata telanjang dari bumi, dimana setiap 2 tahun sekali Mars dan bumi akan saling berdekatan satu sama lainnya, dimana jarak terdekat bumi dengan mars diperkirakan lebih dekan kira-kira 55juta kilometer.

Marine 4 merupakan pesawat luar angkasa pertama yang berhasil dengan selamat mendarat di planet mars yang diluncurkan pada 28 November 1964 dan sampai di planet mars pada 14 Juli 1965 yang artinya telah menempuh penerbangan selama 228 hari dan berhasil mengambil 21 foto.

Dan tidak sampai itu saja, Marine 6 kembali diluncurkan pada 25 Februari 1969 dan sampai di mars pada tanggal 31 Juli 1969, penerbangan ini merupakan salah satu penerbangan tersukses yang dapat menggurangi waktu terbang dengan hanya memakan waktu 156 hari, tidak sampai disitu saja Marine 7 juga diterbangkan dan berhasil mencetak rekor dengan waktu tempuh 131 hari.

Marine 9 diluncurkan pada 30 Mei 1971 dan sampai pada 13 November 1971 dengan waktu tempuh 167 hari, peluncuran pesawat ini lebih lama dari Marine 7, Marine 9 merupakan salah satu satelit pertama yang berhasil masuk ke orbit mars. oleh karena ini peneliti ilmiah mengatakan tidak ada waktu pasti sampai sekarang untuk sampai ke mars.

Hal ini kemungkinan dikaitkan dengan peluncuran awal ataupun hal-hal lainnya yang masih dalam penelitian, dan perjalanan bumi ke planet merah ini akan kurang lebih memakan waktu 150-300 hari.

 

Karena jika dihitung dengan ilmiah jika kecepatan roket dapat menempuh 20.000 kilometer perjam maka waktu tempuh yang dibutuhkan adalah 115 hari, tetapi pada faktanya banyak peluncuran yang memakan waktu sampai 1 tahun, hal ini dijelaskan jika tidak semua roket dapat menempuh dengan perjalanan dengan garis lurus menuju ke mars.

Bumi dan Mars merupakan tata surya yang mengorbit kepada matahari, dan selalu bergerak, sehinggal wahana perlu mengikuti kemana arah posisi planet tujuan, Nasa sampai saat ini masih terus melakukan penelitian dimana kendala terbesar adalah bahan bakar yang diperlukan sudah pasti sangat banyak.

Akibat hal ini Nasa menggunakan sebuah metode Minimum Energy Transfer Orbit, dengan tujuan mengirimkan pesawat keluar angkasa dari Bumi dengan menggunakan bahan bakar seminim mungkin.

One Comment

Comments are closed.