Thursday, May 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Jangan Pakai Jepit dan Platform Setiap Hari!!!

Memakai alas kaki yang sama terus menerus setiap hari bisa berdampak buruk. Bahkan alas kaki yang paling dianggap aman dan nyaman sekalipun. Seperti apa? Simak beberapa jenis alas kaki dan dampak buruknya berikut ini:

Sandal Jepit

Memakai sandal jepit memang nyaman, tapi, sering memakai sandal jepit juga bisa berdampak buruk.

  • Kaki Mudah Terkilir

Sol sandal jepit yang rata, tidak mendukung lengkungan kaki. Karena itu bagian depan kaki akan refleks mencengkeram ke tengah tubuh ketimbang tetap lurus agar posisi sandal tetap mantap saat dipakai berjalan. Lama kelamaan si pemakai bisa keseleo, karena pergelangan kaki cenderung memutar ke dalam atau ke luar.

  • Tumit dan Telapak Kaki Sakit

Sol sandal jepit yang rata juga bisa menyebabkan tumit sakit. Itu terjadi akibat tumit tidak disangga dengan tepat, sehingga urat-urat tendon telapak kaki tertarik dan menyebabkan peradangan. Selain tumit, telapak kaki atas juga rentan nyeri dan bengkak.

Dampak buruk Sandal Jepit
  • Nyeri Kaki hingga Pinggang

Sol sandal jepit yang datar dan tidak mengikuti ekuk alami kaki lama-lama akan menyebaban telapak kaki cenderung rata. Sebab, kaki secara refleks akan mendarat di bagian tengah atau depan, dimana terdapat lengkungan telapak kaki. Lengkungan pada telapak kaki berfungsi untuk menyeimbangkan tubuh saat bergerak. Telapak kaki yang rata menyebabkan nyeri dan sakit pada otot-otot kaki, yang bisa menjalar hingga pinggang.

Hal itu terjadi karena tulang belakang harus menahan badan agar tetap tegak ketika berdiri atau berjalan. Nah bila kalian sering merasakan nyeri punggung, bisa jadi itu terjadi karena terlalu lama memakai sandal jepit.

  SARAN:

  •  Kurangi memakai sandal jepit.
  • Ganti sandal jepit dengan alas kaki yang bisa menunjang struktur telapak kaki alami.
  • Bila muncul rasa nyeri, redakan dengan ibuprofen yang banyak dijual di apotek. Tapi bila rasa nyeri terus berlanjut, segera konsultasikan ke dokter.

Sepatu Platform

Sepatu platform atau wedges seringkali dianggap lebih aman ketimbang stiletto. Pasalnya, sol sepatu platform lebih tebal, sehingga mampu menopang tubuh lebih kuat. Selain itu, ketebalan di bagian depan sepatu membuat kemiringan platform shoes dianggap tidak terlalu curam, sehingga tidak mudah membuat pemakainya jatuh.

Sepatu platform atau wedges

Namun, bukan berarti anda boleh memakainta setiap hari. Sebab, terlalu sering memakai sepatu platform juga bisa berdampak buruk! Ketika memakainya, kaki harus ditekuk dengan cara tertentu, sehingga bisa menyakitkan.

Selain itu, sepatu seharusnya bisa mengulang dan memperkuat gerakan kaki ketika melangkah. Namun, pada sepatu platform, yang terjadi adalah sebaliknya. Kontur sepatu platform memaksa lutut dalam posisi membungkuk, sehingga menimbulkan ketegangan di area itu. Hal itu dapat memicu pembengkakan otot dan radang sendi.