Saturday, March 23Ulasandunia | Kumpulan Cerita Seputar Informasi Dunia

Jangan Memakai Alas Kaki yang Sama!!!

Jika artikel sebelumnya membahas tentang sandal jepit dan sepatu platform atau wedges, kali ini kita akan membahas tentang beberapa jenis sepatu lainnya yang tidak boleh dipakai setiap hari. Seperti apa? Berikut penjelasannya:

Sepatu Berujung Lancip

Terlalu sering menggunakan sepatu berujung lancip akan memiliki dampak buruk bagi kaki

Memakai pointed shoes  atau sepatu berujung lancip atau runcingmemang bisa membuat kaki terlihat ramping. Namun bagi kalian yang memiliki kaki lebar, sebaiknya mempertimbangkan kembali mamakai sepatu model itu. Sebab, sepatu yang ujungnya menyempit atau lancip ini dapat memberikan banyak tekanan pada jari0jari kaki, sehingga menyebabkan nyeri saraf dan lecet. Jika terlalu sering memakai pointed shoes, tentu dapat menyebabkan kerusakan saraf jari-jari kaki yang menetap.

Selain itu juga dapat menyebabkan kerusakan kaki seperti bunion atau kelainan bentuk jari kaki dan ketidakseimbangan otot yang menyebabkan hammertoes atau jari-jari bengkok.

SARAN:

Saat membeli sepatu berujung lancip atau pointed shoes, sebaiknya pilih yang benar0benar nyaman. Bisa jadi anda harus memilih ukuran sepatu yang berbeda dari biasanya. Pastikan jari-jari kaki tidak menekan terlalu kuat.

Sebab, bentuk sepatu ini lancip di bagian depan, sehingga jari-jari kaki tidak bisa masuk secara sempurna.

Sepatu Lari

Sepatu lari atau running shoes memang dibuat ringan dan lembut, sehingga nyaman dipakai untuk berlari atau berjalan. Tapi, bukan berarti sepatu lari bisa dipakai untuk aktivitas lain, seperti hiking atau bersepeda.

Sepatu lari hanya boleh digunakan untuk berlari dan berjalan

Mayoritas sepatu lari memiliki banyak bantalan agar nyaman saat dipakai berlari. Namun, faktanya, banyaknya bantalan itu ternyata bisa menjadi tidak baik bila tidak digunakan pada saat yang tepat. Sepatu yang memiliki banyak bantalan akan membuat anda tidak mendapatkan refleks umpan balik kaki yang memungkinkan untuk bisa merasakan tanah. Karena itu, sepatu lari sebaiknya hanya dipakai saat berlari atau berjalan. Jangan gunakan sepatu tersebut untuk hiking, menari, dan bersepeda, karena akan menyebabkan cedera stress kronis, terutama pada tumit.

Manfaat Lain Menggilir Sepatu

Selain menghindari munculnya gangguan kesehatan, tidak memakai alas kaki yang sama terus-menerus akan memiliki manfaat lain, diantaranya:

  • Sepatu Lebih Awet

Memakai sepatu secara bergilir tentu bisa memperpanjang umur sepatu alias membuat sepatu jadi lebih awet. Jika tidk member waktu bagi sepatu untuk diangin-anginkan, kulit sepatu akan melengkung dan sepatu pun akan kehilangan bentuknya. Sehingga sepatu akan cepat rusak.

 

  • Hindarkan Sepatu Berbau Tidak Sedap

Saat dipakai, bahan sepatu akan menyerap keringat dari kaki. Jika dipakai setiap hari, tentu sepatu tidak punya cukup waktu untuk mengeringkan dirinya dan mereka tidak akan mempertahankan bentuknya.

Jika sepatu basah, keringkan betul sebelum memakainya. Ini penting untuk mengjindari tumbuhnya jamur. Lagipula tentu bukan ide yang baik memakai sepatu dalam kondisi lembab.

Related Post

Bocah Kecil Ini Berusaha Melawan Kanker yang Terus... Kali ini kisah sedih datang dari Aceh dimana ada seorang anak berusia 6 tahun yang terkena kanker Limfoma. Nama bocah ini adalah Rangga Syahputra as...
Bepergian Bersama Hewan Peliharaan Bagi sebagian orang, hewan peliharaan terkadang sudah dianggap sebagai bagian dari dirinya, sehingga kemanapun dia pergi, hewan peliharaannya harus ...
Jangan Pakai Jepit dan Platform Setiap Hari!!! Memakai alas kaki yang sama terus menerus setiap hari bisa berdampak buruk. Bahkan alas kaki yang paling dianggap aman dan nyaman sekalipun. Seperti a...
Lapar Mata Saat Berbuka? Atasi Dengan Cara Ini! Setiap memasuki bulan suci Ramadan, sudah pasti menjelang waktu berbuka akan ada banyak pedagang dadakan yang menjual takjil. Ini adalah makanan kec...